Beranda > Teknologi komputer > Tata cara penulisan Google (2/6)

Tata cara penulisan Google (2/6)

Masalah: Akibat reformasi cara penulisan istilah yang dijalankan secara amburadul, ada banyak cara penulisan untuk sebuah istilah tertentu. Ini sangat mempersulit pencarian dengan Google.

Solusi: Website http://www.lexiquo.net memperhatikan cara penulisan alternatif. Jika Anda mencari sebuah istilah dalam Bahasa Jerman, misalnya ‘Aluminiumflasche’, LexiQuo akan menampilkan penulisan alternatif Alu-Flasche, Aluminium-Flasche, dan Aluminiumflasche. Jika Anda mengklik salah satu istilah ini, LexiQuo akan menampilkan hasil pencarian dari Google, MSN, atau Yahoo. Sayangnya, LexiQuo baru mendukung 3 bahasa, yaitu Jerman, Inggris, dan Prancis.


Menerjemahkan kata
Masalah: Dengan fungsi ‘Translate a webpage’ yang terdapat di dalam ‘Language tools’, Anda hanya dapat menerjemahkan seluruh website dari/ke bahasa Inggris. Penerjemahan per kata akan lebih berguna karena penerjemah Google tidak dapat memahami ungkapan dan keterkaitan makna sehingga hasilnya terasa kacau.

Solusi: Untuk menerjemahkan sebuah kata berbahasa Inggris, instalasikan Google-Toolbar. Selanjutnya, dalam Toolbar-Options aktifkan ‘Word translator’. Sekarang, cari sebuah website berbahasa Inggris dan gerakan mouse-pointer ke satu kata. Satu kolom info akan langsung menampilkan terjemahan yang tepat dalam bahasa yang Anda pilih. Bahasa yang tersedia saat ini adalah Jerman, Jepang, Prancis, Itali, Korea, Spanyol, dan Cina. Inggris ke Indonesia entah kapan adanya.

Merestorasi hit-list
Masalah: Hasil pencarian hilang! Setelah Anda mengunjungi sebuah website yang menarik, secara tak sengaja Anda menutup browser dan tidak dapat kembali ke Google karena pengelola website berikutnya emmatikan tombol ‘Back’. Anda tidak ingat lagi alamat yang tadi. Hasil pencarian Google harus ditampilkan seperti sebelum Anda ‘tersesat’.

Solusi: Instalasikan Google-Toolbar. Tak jadi soal ke mana Anda menjelajah, input Anda tetap ada di dalam kolom Search. Bahkan, setelah Anda menutup jendela browser pun istilah pencarian tidak hilang. Kolom Search ini juga dapat dibuka sebagai daftar yang mencantumkan entri-entri hasil pencarian terakhir.

Menemukan teks yang relevan
Masalah: Website ilmiah seringkali isinya sangat panjang. Bila penulis tidak memecahnya ke dalam alinea-alinea yang jelas, pencarian informasi tertentu membutuhkan kerja keras.

Solusi: Dalam masalah ini Google-Toolbar juga dapat membantu. Bila icon Marker diaktifkan, secara otomatis search-engine akan menandai setiap istilah yang dicari dalam teks website yang ditemukan. Dengan mengklik icon kaca pembesar Anda dapat berpindah ke lokasi kata berikutnya.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: