Beranda > Kuliner, Life Style > Resep Bikin Kentang Goreng Renyah

Resep Bikin Kentang Goreng Renyah

Sebenarnya resep ini iseng saja saya reka-reka sendiri. Belajar dari resep masakan lain yang coba saya ganti bahannya dengan kentang ternyata hasilnya sangat bagus. Kentang goreng jadi renyah, tidak lembek, dan yang penting ENAK.. Ingin tahu resepnya? Lihat yuukk…

Resep kentang goreng SPECIAL:

1kg kentang (pilih yang berbentuk lonjong dan bundar, kalau varietas bisa pilih Russet Burbank seperti yang dipakai McD/KFC)

2 siung bawang putih diiris tipis

1 sdm garam (atau sesuai selera)

Air mentah/matang 500ml atau sampai seluruh kentang terendam sempurna.

Penyedap rasa, penambah aroma, atau perasa apa saja (misalnya masako atau cabe bubuk kalau mau pedas)

Minyak untuk menggoreng secukupnya (tips: pakai minyak sayur biar hasilnya lebih enak)

Cara memasak:

Kentang dikupas kulitnya kemudian dicuci dengan air bersih dan diiris memanjang (kira-kira seperti di restoran fast food)

Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam panci, campurkan garam,  bawang putih, dan air.

Rebus hingga air dalam panci mendidih sambil diaduk. Tiriskan kentang dan siram dengan air dingin.

Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang kira-kira 1–20 menit (hingga kentang mengeras, tapi jangan sampai kecoklatan) kemudian ditiriskan.

Diamkan kentang yang telah digoreng tersebut hingga menjadi dingin (biasanya sekitar 1 jam), taburkan bumbu/penyedap rasa (bisa juga perasa lainnya seperti cabe bubuk) kemudian masukkan ke dalam freezer.

Jika ingin dimasak, goreng kembali kentang tersebut sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Beres dech. Kentang goreng spesial siap dihidangkan panas-panas dengan sambal botolan.

Tips: sebelum disajikan, pastikan minyak yang menempel pada kentang benar-benar hilang, caranya dengan menggunakan tissue bersih yang ditempatkan di dasar mangkuk/piring agar minyaknya cepat diserap.

Kentang yang digoreng dengan cara ini lebih awet (tidak gampang lembek) dan tentunya renyah. Selamat mencoba :D

About these ads
  1. robi
    November 1, 2009 pukul 05:42

    Bener Gk Kentangnya Di rebus Dulu

    • November 1, 2009 pukul 07:10

      Benar, dengan direbus, bumbu-bumbu yang disertakan bisa lebih meresap ke dalam kentangnya.. :)

  2. lailatul masyrifah
    Desember 30, 2009 pukul 07:28

    thanks atas infonya….

    • Januari 30, 2012 pukul 08:48

      Sama-sama :)

  3. Maret 10, 2010 pukul 23:16

    kalau kentangnya tidak direbus…apa akan berbeda hasilnya????

    • Januari 30, 2012 pukul 08:49

      Kalau tidak direbus dahulu, kentang memang hasilnya keras tapi cepat jadi lembek lagi (pengalaman pribadi sih)

  4. April 7, 2010 pukul 13:42

    terimakasih sudah berbagi info,,^_^

  5. Naufal nanda
    April 30, 2010 pukul 20:29

    “okeeeeee”

  6. hellen
    Mei 12, 2010 pukul 14:21

    thank’s yap’s atas informasii.na

  7. Riaphilip
    Mei 21, 2010 pukul 17:27

    Mending direbus apa dikukus?

    takutnya kalo direbus bumbunya jadi buyar…

    ada resep ayam kentucky ga…
    Trims y resepnya..

    • Januari 30, 2012 pukul 08:50

      Kalau dikukus lebih repot ya dan yang meresap biasanya aroma bawang saja sementara “rasa” bawangnya tidak :)

  8. apriyanti
    Agustus 17, 2010 pukul 15:39

    thanks ya resepnya, mo langsung ak coba nich…….

  9. Agustus 29, 2010 pukul 20:51

    kalao obyeknya ga kentang tapi kacang gimana,
    apa perlakuannya sama ?

    • Januari 30, 2012 pukul 08:50

      Kacang apa? Belum pernah coba nih kalau kacang :D

  10. nunuk
    Desember 13, 2010 pukul 19:42

    tak coba dlu mas..
    klo brhasil tk kabari

  11. lia
    Januari 21, 2011 pukul 18:21

    makasih info ya bang .klau bikin kripik kentang ap sm cara ya..? dan tlng sy ingin beli bungkus kripik kentang yg ad tulisan ya POTATO itu beli di mana ya tlng minta alamat ya / toko ap…? tolong di bls di email/phon +85251653077 makasih

    • Januari 30, 2012 pukul 08:52

      Untuk keripik berbeda ya. Biasanya kalau ingin membuat keripik kentang, kentang direbus sampai matang, dihancurkan lalu dicampur bumbu-bumbu, dibentuk dan dikukus. Kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan, baru digoreng dan ditambah perasa. Itu kalau tidak salah :)

  12. lia
    Januari 21, 2011 pukul 18:37

    tlng sy bang sy cr toko /alamat bungkus kripik kentang yg ada tulisan ya POTATO alamat indo. dan tmpt sy di madiun tlng di bls di email / phon +85251653077 mksh

  13. lia
    Januari 28, 2011 pukul 22:12

    wahhh terima kasih info ya mas sy udah nyoba hasil ya baguss sekali

  14. Februari 21, 2011 pukul 09:49

    nanti saya coba,smg uenakkk

  15. sukirno
    Maret 7, 2011 pukul 15:39

    Wah ini sepertinya resep baru, apa seperti di restoran kentuky buatnya juga seperti ini, karena saya pernah beli kentuky sambil nunggu diberi kentang goreng, sip sip

  16. April 12, 2011 pukul 07:38

    ribet

    • April 12, 2011 pukul 07:39

      kya’a enak tuh w cba akh,..

    • Januari 30, 2012 pukul 08:53

      Sedikit ribet memang, tetapi hasilnya bagus kok :)

  17. Mei 10, 2011 pukul 16:17

    coba2….

  18. riza
    Juni 2, 2011 pukul 15:31

    mksh ya buat info nya,moga manfaat buat q

  19. Juni 10, 2011 pukul 18:26

    air yg buat di rebus itu seberapa banyak ?

    • tita
      September 30, 2011 pukul 14:20

      kan ada tulisannya 400 ml. hadeeeeehhhh

  20. arsyil yasari
    Juni 21, 2011 pukul 16:51

    thanks…….., pas bgt saya juga suka french fries!!

  21. akil
    Agustus 24, 2011 pukul 18:04

    air dingin yg disiram itu …. air yg dari kulas atau air biasa

    • Januari 30, 2012 pukul 08:54

      Air biasa saja, pakai air dingin dari kulkas lebih bagus tapi tidak sayang tuh? ‘kan langsung dibuang airnya ;p

  22. DDede HH
    November 11, 2011 pukul 15:19

    kalo buat d jual dalam kemasan bisa tahan lama gak???? balas yah

    • Januari 30, 2012 pukul 08:56

      Maksimal sekitar 6 jam saja ya, itupun kalau jenis kentang dan minyak untuk memasaknya bagus (misal: kentang Russet burbank, minyak: Minyak Beku)

      • clara
        Agustus 10, 2012 pukul 16:17

        Kentang jenis Russet, dimana belinya ya.

      • Desember 3, 2012 pukul 17:32

        kalo kentang lokal atao kentang biasa dijuala di apasaran gmn..? bisa,,?

  23. DEDE
    Desember 4, 2011 pukul 09:48

    saya mau coba buat hari ini dech…

  24. Desember 7, 2011 pukul 23:15

    coba ah…..anakku dah pingin bgt makan kentang goreng renyah mau beli mahal kalu ada resepnya mending buat sendiri bisa banyak

  25. mujiyono
    Desember 15, 2011 pukul 18:32

    thank banget infonya,soalnya mau jualan kentang goreng..numpang copy ya mas.

    • Desember 19, 2011 pukul 18:22

      Silahkan, semoga membantu :)

  26. harianto
    Desember 19, 2011 pukul 15:47

    supaya kentang hasil rebusan tadi disimpan untuk beberapa lama bisa tahan ngak ya mas ? soale saya pernah coba hasil setelah masuk pendingin warna berubah jadi kehitam-hitaman. apa ada solusi lain ?

    • Desember 19, 2011 pukul 18:21

      Cobalah dengan memasukkan kentangnya ke bagian freezer agar benar-benar beku. Jika kurang dingin, misalnya disimpan di kompartemen bawah, kentang akan mengalami pembusukan meskipun lebih lambat daripada jika disimpan di luar ruang.

  27. Januari 3, 2012 pukul 14:15

    soalnya sy klo bkin stik kentang,,jdi lembek gk keras,,tuh bener cranya yg d sebutin gk bikin lembek tnks dah berbagi,,,

  28. Januari 29, 2012 pukul 10:14

    Mas sya gagal membuat goreng pisang yg banyak kriuknya ? bagaimana cara nya mas ??:d
    tolong donk ksaih tahu sya . karena sy hobi makan pisang goreng yg renyah dan kriuk-kriuknya..!! terimakasih..!!

    • Januari 30, 2012 pukul 08:57

      Kalau pisang cara memasaknya berbeda ya dengan cara masak kentang :)
      Untuk pisang pakai bumbu jadi saja banyak kok yang jual di supermarket/minimarket dan harganya juga relatif murah. Kalau pakai tepung modifikasi sendiri juga bisa tapi saya lupa caranya :D

    • sari
      Oktober 21, 2012 pukul 22:52

      Eh, sama. Saya juga suka makn pisang goreng sambil ngopi kalo pagi-pagi. Begini caranya Om/Tante: tepung terigu dicampur tepung tapioka. 5sdm muncung tepung terigu dicampur 3 sdm tepung tapioka trus kasih garam dikit n vanili bubuk,
      Pasti enak. Atau kalo mau, goreng pisangnya pake tepung maizena, jangan terlalu cair ataupun jangan terlalu kental (tapi kan mahal Om….)

  29. fitri
    Februari 28, 2012 pukul 11:31

    gak perlu pake kapur sirih untuk merendamnya ya??? wah,. jd dapat ide.. mungkin bisa digunakan buat sambel goreng kentang juga ya biar kentang yg udah dipotong tipis bisa tetep renyah????

  30. meymey
    Maret 13, 2012 pukul 15:28

    wah aku pecinta kentang,,
    hahaha mantaff ya..

  31. Maret 17, 2012 pukul 12:24

    air dingin nya yang dimksd air es kh mba?

  32. Maret 21, 2012 pukul 12:33

    ini nii yang mau ku coba…hahahaha

  33. Maret 22, 2012 pukul 20:13

    enakkkkkkk ehhmm lezat ni saya lagi buatin tuk makan malam

  34. Maret 22, 2012 pukul 20:14

    kalau kentangnya gk lonjong gimana

  35. kentang goreng
    April 21, 2012 pukul 20:34

    Wah mantep banget gan. ane udah nyoba enak . tapi kentang nya jadi kecil banget ya. di bage bertiga pula wah ga cukup ^^

  36. bondan
    April 26, 2012 pukul 00:01

    Terang aja enak kan pakai penyedap rasa boss.nggak bagus wat kesehatan, coba pakai bumbu alami seperti rempah2..

  37. loena
    Mei 12, 2012 pukul 19:33

    aq udh nyobain tp ga renyah malah lembek, knp y???bingung salah d apanya neh,,,

  38. YoonYa Nana
    Mei 15, 2012 pukul 20:00

    wiuhhh.. makasih ya.. uenak banget loh hasilnya… kriuk banget

  39. Mei 23, 2012 pukul 22:47

    dicoba dulu, baru komentar….
    Loh lha ini dah komentar!!!jadi bingung???

  40. c'block'd
    Juni 10, 2012 pukul 21:28

    terima kasih atas infonya.
    oh, baru tahu kalau kentang’a harus direbus dullu :??

  41. iwan
    Juni 24, 2012 pukul 17:48

    rebus kentangnya berapa lama setelah mendidih airnya?di siram dengan air dinginya saat kentang msh hangat atau sudah dingin?

  42. Juli 2, 2012 pukul 22:34

    mantap resepnya. ternyata agak lebih ribet dari yang biasa kalo bikin sendiri. :?

  43. ika
    Juli 23, 2012 pukul 18:34

    makasih resepnya:)
    barucan coba praktekin,dan beneran kentangnya renyah..
    tx for sharing:)

  44. merry
    Juli 28, 2012 pukul 12:14

    ntr gue cobain buat buka puasa

  45. tie
    Agustus 2, 2012 pukul 15:24

    kentangnya jenis yang putih apa yg kuning ya mba

  46. balqees
    Agustus 16, 2012 pukul 06:40

    bisa dicoba nih

  47. Balqees Queen
    Agustus 16, 2012 pukul 06:52

    kalau kentang wonosobo bisa nggak ya?

  48. Honocoroko Duduwongjowo
    Agustus 16, 2012 pukul 06:55

    kalau kentang wonosobo bisa nggak ya?

  49. Agustus 25, 2012 pukul 19:05

    sementara dimasaK….ribet sich alx tunggu 1 jam lagi buat pendinginan….tp penasaran juga buat liat hasil akhirnya…. :)

  50. eno cute
    Agustus 30, 2012 pukul 15:43

    emmm boleh dcoba nie….
    cya pling suka kentang goreng d KFC…
    sama gak yea resepx?

  51. Agustus 30, 2012 pukul 23:15

    mantap gan idenya………..

  52. debora
    September 6, 2012 pukul 14:30

    jadi pngen coba ^_^

  53. September 24, 2012 pukul 01:11

    thanks resepnya….selesai baca resep ini langsung saya coba, hasilnya benar-benar renyah n enak lagi…..

  54. amidah rafa widodo
    Oktober 22, 2012 pukul 12:23

    apa ngak perlu tepung biar renyah?

  1. September 8, 2009 pukul 13:21
  2. Mei 16, 2012 pukul 10:58

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: