Beranda > Tanpa Kategori > Moody Bikin Usia Lebih Pendek

Moody Bikin Usia Lebih Pendek

 

Safril.tk – Pernahkah Anda mengalami dilema dengan apa yang harus Anda lakukan saat menghadapi masalah entah itu berhubungan dengan teman, keluarga, atau bahkan pekerjaan? Bingung dengan langkah apa yang harus diambil, kapan melakukan, dan bagaimana mengatasinya? Apakah semua itu pernah membuat Anda gelisah, moody, dan khawatir terlalu berlebihan? Jika iya, berarti hidup Anda tak akan lama lagi.

Para ahli psikologi menyatakan kepribadian terbaik diwakili lima karakter, yakni: ekstrovert, mudah beradaptsi, terbuka, bersungguh-sungguh, dan stabil secara emosi. Setiap kategori tersebut bisa didistribusikan dalam satu bagian terkecil, namun secara keseluruhan semuanya turut membentuk kepribadian seseorang.

Menurut psikolog, seseorang bisa dikatakan memiliki kepribadian yang sehat jika mereka  memiliki minimal dua dari lima karakter tersebut, terutama: kestabilan emosi dan kesungguhan. Orang bisa dikategorikan sejahtera lahir dan batin (wellness) jika bisa mengolah lima sifat tersebut.

Dengan tujuan meneliti keterkaitan antara harapan hidup dan karakter seseorang, Daniel Mroczek, pakar psikologis dari Purdue University seperti dikutip dari Sciencedaily, Senin (09/04/07), telah meneliti 1600 pria usia dewasa dalam rentang waktu 12 tahun, dan memfokuskan rata-rata tingkat kematian mereka pada periode lebih dari 18 tahun.

Dalam studi tersebut, Mroczek meneliti tingkat kestabilan emosi negatif atau lebih dikenal dengan istilah neuroticism, di mana kondisi tersebut ditemukan pada mereka yang selalu berpikiran negatif dan tertekan. Orang yang mengalami gejala seperti ini tidak bisa mengontrol tingkat stress mereka dengan baik, sering merasa moody dan cemas. Kecenderungan yang sifatnya genetis ini berhubungan dengan tingkat kematian.

Hasilnya, mereka yang termasuk seseorang dengan karakter neurotic cenderung mengalami kematian lebih dini, karena tingkat stres, kekhawatiran yang berlebihan, meningkatkan resiko untuk mengalami gangguan kesehatan seperti kanker dan serangan jantung.

Sementara kelompok yang bisa mengendalikan emosi mereka, jarang moody, dan selalu berpikir positif cenderung memiliki tingkat harapan hidup lebih lama. Mereka yang masuk
dalam kategori ini memiliki kehidupan iman dan gaya hidup yang seimbang.

Nah, bagaimana dengan Anda, jika Anda termasuk pribadi neurotic, tak ada salahnya mulai mengubah karakter dan sifat moody Anda untuk hidup lebih lama lagi. So, tetap semangat dan keep smiling.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s