Beranda > Tanpa Kategori > Susah Ngomong? Katakan Saja Dengan Bunga

Susah Ngomong? Katakan Saja Dengan Bunga

Safril.tk – Mungkin sudah kuno saat Anda mendengar orang berkata, “Katakanlah dengan bunga”. Tapi tidak bisa dipungkiri juga jika kalimat yang dianggap tradisional itu bisa mewakili perasaan kita saat
diperlukan.
Misalnya saja saat kita hendak mengatakan selamat datang, permintaan maaf, ungkapan cinta, dan masih banyak lainnya. Bunga-bunga yang cantik itu akan memberikan kesan tersendiri bagi si penerima. Dan di beberapa tempat di dunia, bunga selain dijadikan dekorasi, juga dijadikan benda spiritual, maupun ritual.

Bunga juga tidak dipilih secara acak. Selama beberapa tahun orang mengelompolan bunga sesuai dengan artinya. Contohnya, akasia yang berarti cinta yang terpendam, cinta suci, atau kecantikan; Aster, menjadi simbol cinta sekaligus keindahan; Pink Carnation, mengartikan ‘aku tidak akan
melupakanmu’, sedangkan untuk warna kuningnya, mengandung arti penolakan atau kekecewaan; Tulip diartikan sebagai Anda memiliki pancaran dalam senyuman Anda.

Ada juga jenis bunga yang dinamakan sebagai bunga ulang tahun atau birthday flower. Mereka yang lahir pada bulan Februari memiliki bunga mawar dan violet sebagai bunga ulang tahun. Sementara lakspur dan lili air adalah bunga ulang tahun untuk mereka yang lahir di bulan Juli. Bunga bakung
maupun poinsettia, khusus untuk mereka yang berulangtahun pada bulan Desember.

Untuk lambang zodiak, bunga juga bisa mengandung bermacam-macam arti. Untuk Aries yang bersemangat dan suka petualang lebih condong dilambangkan dengan mawar merah, tulip, dan amaryllis. Sedangkan Scorpio, dilambangkan dengan kembang sepatu, peony, dan amaranthus.

Jika dilihat dari warna, tiap-tiap bunga dengan warna berbeda bisa ‘berbicara’ mewakili mereka, baik diinterpetasikan secara keilmuan bahkan tradisional.

Tradisional:

– Merah, melambangkan romantis

– Kuning, melambangkan persahabatan

– Putih, melambangkan penghormatan

– Peach, melambangkan tanda terima kasih

– Merah muda, melambangkan penghargaan

– Oranye, melambangkan api semangat

– Ungu, melambangkan cinta pada pandangan pertama

Sedangkan jika dibedakan dari segi keilmuan, warna diketahui bisa membawa efek ke dalam pikiran. Jadi, sebuah warna bisa mempengaruhi kesenangan, tekanan dalam tubuh, membawa energi, atau bersifat menenangkan. Dilain pihak, bunga juga bisa digunakan sebagai pengobatan. Misalnya:

– Hitam, bisa menimbulkan tenaga, percaya diri, dan meningkatkan kemampuan

– Biru, memberikan ketenangan dalam pikiran dan jiwa. Warna ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi

– Merah, digunakan untuk memacu semangat dan pembangkit gairah

– Hijau, memberikan relaksasi pada pikiran dan tubuh

– Ungu, menimbulkan rasa tenang dan damai

– Merah muda, memberikan ketenangan

– Kuning, mencerminkan energi dan menyebarkan cahaya


Di seluruh dunia, ada banyak sekali tradisi dan kepercayaan, juga puisi-puisi yang bercerita tentang keindahan dan keunikan bunga. Beberapa bunga digunakan sebagai ‘syarat’, ritual, maupun perayaan. Bunga juga dianugrahkan ke bumi agar bisa kita manfaatkan dan menolong kita sebagai wakil untuk mengungkapkan perasaan yang tak mampu disampaikan lewat kata-kata.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s