Praktek Google – Merencanakan perjalanan (3/6)


Merencanakan perjalanan
Masalah: Anda berniat melakukan perjalanan ke sebuah negara tertentu. Setelah memasukkan nama negara tujuan, Anda hanya mendapatkan informasi umum disertai deretan hits yang sangat panjang. Anda tidak ingin memeriksa semuanya karena sangat melelahkan.

Solusi: Travel-portal memberikan info yang lebih baik dibandingkan search-engine. Di sana Anda dapat mencari hotel atau penerbangan secara terarah.

Info negara: Kunjungi travel-portal http://travel.yahoo.com. Begitu Anda mengetikkan nama negara tujuan, langsung muncul daftar tempat tujuan wisata, hotel, dan restoran.
Penerbangan: Penyedia penerbangan ternama dengan tujuan mancanegara dan tarif-tarif hotelnya dapat Anda temukan melalui Paket Rupiah (www.paketrupiah.com).

Jadwal kereta: Melalui Paket Rupiah Anda juga dapat melihat jadwal kereta api dari Jakarta ke kota-kota lain di Pulau Jawa berikut perkiraan harga tiketnya. Link untuk menuju ke sana terletak di bagian bawah website dalam kolom Travel Info.

Menemukan foto
Masalah: Pencarian foto Google memang menghasilkan banyak hit, tetapi Anda tidak bisa memasukkan kriteria tertentu seperti ‘Size’ atau ‘Black & White’.
Solusi: Picsearch (www.picsearch.com) adalah sebuah search-engine khusus foto. Untuk mencari sebuah wallpaper warna ukuran apa saja yang menampilkan ‘Paris Hilton’ misalnya, klik ‘Advanced Search’. Pilih ‘Only Images’, ‘Only Color’, dan ‘Wallpaper’ dari daftar. Ketikkan kriteria pencarian yang Anda inginkan (Paris Hilton) dan klik tombol ‘Search’. Hasilnya akan ditampilkan sebagai thumbnails disertai informasi ukuran wallpaper dan besarnya file.

Info aktual melalui e-mail
Masalah: Anda ingin selalu aktual tentang suatu topik. Anda harus selalu mengunjungi website tentang topik tersebut untuk mengetahui apakah ada hal yang baru atau tidak.

Solusi: Untuk tujuan di atas tersedia Google Alerts (www.google.co.id/alerts). Ketikkan istilah yang ingin Anda ikuti perkembangannya. Jangan lupa untuk memberikan alamat e-mail Anda. Pilih juga sumber informasi yang diinginkan (News, Web, atau Groups) dan sesering apa Anda diberitahu. Selanjutnya, klik link konfirmasi yang akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda.

Tinggalkan komentar