Beranda > Tanpa Kategori > Hati-hati Dengan Obat dan bahayanya

Hati-hati Dengan Obat dan bahayanya

Jika membicarakan obat pasti tidak lepas dengan yang namanya penyakit. Memang jika ditanya penyakit pasti semua orang tidak menginginkan yang namanya sakit. Bermacam-macam obat dan merek ada dipasaran, ada obat yang bisa Anda temui atau beli dengan bebas tetapi ada juga obat yang harus ditebus dengan resep dokter.

Berhati-hatilah jika Anda yang kini sedang sakit dan membeli obat-obatan dengan resep dokter. Jangan jadi pasien yang pasrah atau pasif dalam mengkonsumsi obat-obatan yang Anda konsumsi. Jadilah pasien yang cerdas dengan menanyakan berbagai macam informasi tentang obat yang akan Anda minum.

Tidak usah malu menanyakan kepada dokter perihal obat yang akan Anda minum. Yah sedikit cerewet kan tidak apa-apa selama itu menyangkut hidup dan mati Anda. Kadang orang awam yang tidak tahu menahu mengenai obat, hanya bisa diam saja pada saat dokter menuliskan resep obat kepada Anda, padahal menayakan hal tersebut adalah hak setiap pasien.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan kepada dokter Anda, saat menuliskan resep obat:
Tanyakan untuk apa obat ini? (jenis obat) Misalnya Anda mungkin mengalami dua keluhan atau penyakit yang berbeda atau apakah obat tersebut berupa analgenik atau antibiotik dan lain sebagainya.
Apakah obat yang lama atau yang sedang dikonsumsi harus dihentikan?
Bagaimana cara meminum atau menggunakan obat ini?
Berapa lama harus mengkonsumsi obat ini? Apakah harus diminum sampai habis?
Apa efek sampingnya? Apakah ada pantangannya? Apakah akan menyebabkan alergi? Apakah ada obat alternatif lain? Apakah sesuai untuk pasien seumur saya?
Apakah bisa minta obat generikknya? Apakah resepnya bisa diulangi atau harus ke dokter lagi?
Bila diberikan obat sekaligus , tanyakan apakah obat tersebut meupakan kombinasi yang tidak bisa dipisahkan dan harus dikonsumsi secara bersamaan (tidak ada yang boleh ditunda)?
Adakah kondisi khusus yang akan terjadi bila mengkonsumsi obat tersebut? Beberapa obat-obatan ada yang menyebabkan konisi khusus, seperti kencing jadi berwarna merah atau sering kencing dan lain sebagainya, yang sebenarnya efek tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Mulai sekarang jadikan diri Anda menjadi pasien cerdas, kalau perlu agar tidak mudah lupa Anda bisa menulisnya di buku kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Dengan begitu Anda akan selalu ingat.

Sumber: hanyawanita.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s