Beranda > Tanpa Kategori > IAEA Pastikan Korut Stop Nuklir

IAEA Pastikan Korut Stop Nuklir

SEOUL – Pengawas IAEA (badan energi atom internasional) memastikan, Korea Utara sudah menghentikan reaktor nuklirnya. Itu merupakan perwujudan janji Korut yang disampaikan Februari.

Sebagai kompensasinya, Korut mendapatkan bantuan 1 juta ton minyak dan bantuan diplomatik. “Penutupan reaktor nuklir tersebut dipastikan 10 anggota tim pengawas dari badan energi atom internasional (IAEA),” kata ketua IAEA Mohamed ElBaradei.

ElBaradei menjelaskan, proses penutupan itu berjalan lancar dengan kerja sama pihak Korut. “Itu adalah langkah baik di jalur yang tepat,” tambahnya dalam pernyataan kepada wartawan di Bangkok.

Reaktor Yongbyon yang ditutup itu berada sekitar 60 mil sebelah utara Pyongyang. Reaktor tersebut mampu menghasilkan plutonium untuk bom atom. Negeri itu bahkan mengklaim berhasil menguji coba bom nuklirnya beberapa waktu lalu.

Korut memastikan penghentian reaktor nuklir itu setelah mendapat kiriman minyak dari saudara sekaligus musuh bebuyutannya, Korea Selatan. “Sebagai kelanjutannya, Korea Selatan sudah mengirimkan kapal kedua yang berisi 50 ribu ton BBM hari ini (kemarin, Red),” kata Menteri Unifikasi Korsel Lee Jae-joung.

Kementerian Luar Negeri Korut menjelaskan bahwa penghentian program nuklir saat ini bergantung penuh pada dua negara. “Khususnya, pada kebijakan luar negeri AS dan Jepang yang saat ini masih tidak menguntungkan Korut,” kata juru bicara kementerian tersebut.

Dalam wawancara dengan Associated Press, ketua juru runding AS Christopher Hill mengajukan agenda negerinya. Dalam agenda itu, proses rekonsiliasi seiring penghentian program nuklir Pyongyang diharapkan bisa berlanjut. “Jika Korut ingin bebas nuklir, semua hal-hal tersebut bisa dibicarakan,” kata Hill.

Seiring tibanya bantuan minyak pertama, Hill mengatakan, AS akan mencari insentif lain untuk Korut. Salah satunya bantuan kemanusiaan. “Kami tidak pernah memiliki masalah dengan masyarakat Korut. Kami ingin membantu rakyat Korut dan terus mengusahakan opsi-opsi lain yang memungkinkan,” tambahnya.

AS juga akan memulai diskusi untuk mengalihkan Korut dari daftar negara yang mensponsori teroris. Memang, masuknya Korut dalam daftar itu membuat Pyongyang marah. Sebab, Korut tidak lagi dikaitkan dengan serangan teroris sejak serangan terakhir yang menghantam pesawat Korut pada 1987.

Saat ini, Korut siap berpartisipasi dalam sesi baru negosiasi nuklir yang berlangsung minggu ini di Beijing. Negara lain yang terlibat adalah Tiongkok, Jepang, Rusia, Korsel, dan AS.

Hill mengatakan, negosiasi terbaru itu akan fokuskan membahas waktu untuk pelucutan pembangkit nuklir. Hill menambahkan, pembicaraan mengenai penggantian plakat gencatan senjata dengan perjanjian damai pada Perang Korea yang sudah berlangsung 54 tahun akan dilaksanakan tahun depan.

“Mohon dipahami, kami tidak bisa mengabulkan perjanjian damai sampai pelucutan nuklir selesai,” tegasnya. Beberapa pihak mengakui, jalan menuju pelucutan memang tidak mudah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s