Beranda > Tanpa Kategori > Awas, Kegemukan Bisa ‘Menular’

Awas, Kegemukan Bisa ‘Menular’

Safril.tk – Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Kesehatan ‘New England’ baru-baru ini menunjukkan bahwa ternyata obesitas adalah fenomena sosial yang ‘menular’, sehingga kawan sepermainan turut berpengaruh terhadap kondisi ini.

Bila seseorang berteman dengan penderita obesitas, maka ia berpeluang hingga 57% untuk ‘tertular’ kegemukan, demikian intisari laporan penelitian yang disusun oleh tim pimpinan James Fowler dari Universitas Harvard dan Nicholas Christakis dari Universitas California, San Diego.

Penelitian ini melibatkan sekitar 12.067 orang yang terhubung sebagai relasi pertemanan dan keluarga antara tahun 1971-2003, sehingga penelitian ini memantau berat badan responden selama kurun waktu 32 tahun terakhir.

Para peneliti berkesimpulan, kenaikan berat badan seseorang ternyata dipengaruhi oleh kenaikan berat badan orang lain. Mereka juga mendapati bahwa bagian otak yang terkait dengan nafsu makan akan terstimulus bila melihat pola makan orang lain.

“Bahkan penyebab menular dari obesitas ini bisa diperkirakan sebelumnya,” tulis para peneliti.

Lebih lanjut penelitian itu menyimpulkan bahwa teman-teman sesama seks dan saudara kandung punya pengaruh lebih kuat dalam hal peningkatan berat badan seseorang, lebih berpengaruh daripada teman lawan jenis.

Dan jika suami/istri menderita obesitas, peluang pasangan untuk mengalami hal yang serupa dapat naik hingga 37%. Namun jangan khawatir, penelitian ini juga membawa berita baik, yaitu kekuatan yang sama dapat mencegah seseorang menjadi obes atau kelebihan berat badan.

Teman dan saudara kandung bisa memperlambat laju obesitas dengan menyemangati pola makan sehat dan olahraga. Ini bisa terjadi karena persepsi manusia terhadap resiko kesehatan sangat tergantung kepada orang-orang di sekitar mereka.

Saat ini, menurut data penelitian kesehatan Amerika Serikat, lebih dari sepertiga orang Amerika menderita kelebihan berat badan, dan 60 juta orang dewasa di negeri itu masuk dalam kategori sangat gemuk.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s