Beranda > Tanpa Kategori > Tips Memilih Perguruan Tinggi

Tips Memilih Perguruan Tinggi

“Mau nerusin ke mana setelah SMU?” Mungkin itu yang ada di benak
kamu-kamu yang udah kelas tiga SMU. Pertanyaan klasik yang susah banget
untuk menjawabnya. Gimana nggak susah, khan buanyak banget Perguruan
Tinggi baik swasta ato negeri yang ada di Indonesia. Masak kamu akan
menyeleksi semua perguruan tinggi tersebut satu persatu? Alamak….sampe
mata belekan kamu akan tambah bingung #@$&*???

Untuk itu, simak deh tips memilih perguruan tinggi dibawah ini :

MINAT
Faktor utama yang harus kamu ketahui adalah minat kamu sendiri. Kalo
kamu udah tau minat kamu ke program studi apa, akan semakin memudahkan
kamu memilih perguruan tinggi dan yang lebih penting kamu akan mudah
dan terpacu untuk menyelesaikan studimu.

BIAYA
Seringkali universitas yang kita inginkan nggak sesuai dengan keadaan
keuangan ortu kita. Kuliah di Perguruan Tinggi emang banyak komponen
biayanya seperti misalnya uang pendaftaran, uang gedung, spp, uang
praktikum, de-el-el. Yang lebih nggak bisa diperkirakan adalah biaya
mendadak seperti fotokopi, beli buku, ataupun transportasi. Belum lagi
kalo kita musti kos karena tempat kuliah yang jauh dari rumah. Jadi,
supaya amannya, pada saat kamu akan melakukan pendaftaran, tanyakan
secara detail biaya apa saja yang harus kamu tanggung selama kuliah.
Perhitungkan juga biaya lain-lain yang akan kamu tanggung saat menjadi
mahasiswa. Diskusikan masalah tersebut bersama ortu agar ortu nggak
kalang kabut nyariin biaya setelah kamu kuliah di tempat tersebut.

PROSPEK
Saat ini banyak banget program studi yang ditawarkan baik oleh PTN
maupun PTS, tentu tidak semuanya menjanjikan prospek pekerjaan yang
cerah di masa mendatang. Manakah yang akan kamu pilih, program studi
yang selalu menjadi favorit, tapi pada akhirnya banyak lulusannya yang
menganggurataukah program studi yang tidak termasuk kategori favorit,
tapi begitu lulus langsung dapet kerja (biasanya karena lulusannya yg
langka sedangkan dunia kerja masih sangat terbuka)?? Kamu harus dapat
memprediksi prospek bidang studi yang anda pilih dalam memasuki
lapangan pekerjaan sesudah lulus nanti. Bertanyalah kepada orang tua,
guru, teman, konsultan, atau siapapun. Jangan pertaruhkan masa depanmu.

REPUTASI
Apakah kamu memilih perguruan tinggi karena perguruan tinggi tersebut
terkenal saja? Wah…itu salah. Ada bebepa faktor yang harus kamu
pertimbangkan jika kamu ingin memilih perguruan tinggi tersebut,
misalkan bagaimana fasilitas belajar-mengajarnya, kualitas lulusannya,
dan bagaimana reputasi perguruan tinggi tersebut di kalangan pendidik.

STATUS AKREDITASI
Kalo tahun-tahun sebelumnya kamu kenal dengan status disamakan, diakui
ataupun terdaftar, sekarang ini ada yang dinamakan dengan status
akreditasi. Status inilah yang saat ini menjadi salah satu faktor utama
yang digunakan oleh PTS untuk mengiklankan dirinya. Status ini
diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada
keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status
akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam
melaksanakan proses belajar mengajar.

JALUR DAN JENJANG PENDIDIKAN
Saat ini banyak sekali program pendidikan dengan berbagai jangka waktu
tempuh pendidikan. Untuk itu kamu bisa memilih berapa lama akan
menghabiskan waktu yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan kamu.
Untuk Indonesia, kita memiliki 2 jenjang jalur pendidikan yaitu jalur
akademik (strata 1, 2, 3) serta jalur profesional (diploma 1, 2, 3).
Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan
jalur profesional menekankan pada keahlian tertentu.
Tapi ingat, kamu juga harus bisa membedakan antara jalur diploma yang
diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dan jalur diploma yang
diselenggarakan oleh lembaga kursus. Biasanya lembaga kursus akan
menjaring siswanya dengan mengiming-imingi kata-kata ”setara” diploma
1, diploma 2 atau diploma 3. Pada kenyataannya sertivikat yang akan
kita terima tidak dapita gunakan untuk transfer/alih pendidikan di
perguruan tinggi lain. Hal ini karena sertivikat yang dikeluarkan oleh
lembaga kursus hingga saat ini belum diakui untuk dapat disetarakan
dengan diploma dari perguruan tinggi.

FASILITAS PENDIDIKAN
Hati-hatilah dengan tampilan fisik. Himbauan ini nggak hanya berlaku
kalo kita memilih teman, tetapi berlaku juga jika kita akan memilih
suatu perguruan tinggi. Gedung megah dan ber-AC saja tidak cukup untuk
menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik. Fasilitas
utama yang harus kami ketahui dalam suatu perguruan tinggi adalah
seberapa baik dan bagusnya fasilitas seperti laboratorium (komputer,
akuntansi, bahasa, dan lain-lain), studio dan perpustakaan yang
dimiliki.

Sumber: http://id.shvoong.com/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s