Beranda > Tanpa Kategori > Black Community – Windows XP – Install XP SP3 dengan mudah

Black Community – Windows XP – Install XP SP3 dengan mudah

Safril.tk – Sejak awal kemunculannya, keamanan merupakan permasalahan yang cukup krusial bagi Windows XP. Banyak celah-celah rawan yang mengijinkan dijalankannya program-program dan script-script berbahaya yang tidak dikehendaki oleh setiap user. Microsoft kemudian mengeluarkan tambalan (patch) besar-besaran yang mereka sebut sebagai Windows XP Service Pack.

Beberapa waktu lalu, Microsoft meluncurkan Windows XP Service Pack 3 untuk meningkatkan tingkat keamanan ini. File yang berukuran sekitar 330 MB ini dapat di-download secara gratis di situs resmi Microsoft (www.microsoft.com) dan berisikan berbagai macam tambalan untuk mengatasi sekitar 900 bugs yang terdapat dalam Windows.

Di sini kita akan mencoba membuat sendiri sebuah CD Instalasi (installer) Microsoft Windows XP lengkap dengan Service Pack 3 RC1 yang masih dalam tahap Beta.

Menyiapkan data

Mula-mula, anda harus memiliki ruang harddisk yang cukup banyak untuk membuat sebuah CD baru (di sini kami rekomendasikan sekitar 1 GB). Siapkan pula sebuah CD instalasi Windows XP dan file Service Pack 3 yang telah anda download. Sediakan pula software untuk buring pada CD nantinya (di sini kita memakai Nero). Buat folder baru misalnya di direktori “D:XPSetup” dan “D:SP3”. Copy semua isi CD instalasi Windows XP yang anda miliki ke dalam direktori “XPSetup”. Anda harus menonaktifkan atribut “Hidden”. Klik menu “Tools-Folder option-View-Show hidden files and folders” pada Windows Explorer. Sekarang copy file Service Pack 3 tadi (nama file: windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe) ke folder “SP3”. Extract file SP3 tersebut melalui menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:SP3windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe –x”. Setelah proses extract selesai, hapus file “windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe” di folder “D:SP3” karena tidak diperlukan lagi.

Mengekstrak boot sector

Agar CD instalasi nantinya dapat berjalan saat komputer booting, anda dapat menggunakan software Bart’s Boot Image Extractor (BBIE) yang dapat anda download dari internet dengan mudah. Extract file ini (misalnya ke folder “D:BBIE”) kemudian jalankan menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:BBIEbbie x:” (x merupakan drive dari CD instalasi Windows XP aslinya). Pada folder BBIE akan muncul file boot sector “image1.bin”.

Menyatukan data

Untuk menggabungkan file-file instalasi Windows XP dan Service pack-nya, jalankan menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:SP3i386updateupdate.exe /integrate: D:XPSetup

Mem-burning CD instalasi

Langkah terakhir dari proses ini adalah burning CD. Jalankan Nero dan pilih option “CD-CDROM (Boot)” dalam kotak dialog “New compilation”. Buka tab “Boot” dan aktifkan radiobox “Image file”. Browse ke folder “D:BBIE” dan pilih file “image1.bin”. kembali ke tab “Boot” dan pilih checkbox “Enable expert settings (for advanced users only!)”. pilih “No emulation” pada option “Kind of emulation”. Selain itu, pada kolom “Load segment of sectors (hex!)”, isikan nilai “07C0” dan nilai “4” untuk kolom “Number of loaded sectors” kemudian dilanjutkan dengan klik OK. Pada tampilan yang berikutnya muncul, pilih direktori “D:XPSetup” dan masukkan semua file yang ada ke bagian panel burning. Klik tomobl “Burn” untuk memulai proses burning. Sampai saat ini proses pembuatan CD instalasi Windows XP SP3 telah berjalan lancar.

Sumber: CHIP Februari 2008

  1. moglenk
    19 Maret 2008 pukul 03:01

    salam kenal

    sebelumya saya sangat tertarik sekali dengan artikel ini ,dan cuma yg agak kurang jelas mengenai hal burnin cd dengan nero,sedangkan saya mengunakan nero versi 6.0
    yang saya mau tanyakan neronya versi berapa?
    trus kalau bisa untuk penjelasaanya ditambahkan picture atau gambar biar lebih detail.

    Thank,s

    Tea

  2. 19 Maret 2008 pukul 15:35

    Sebenarnya anda bisa menggunakan software burning apapun tapi yang jelas software burning tersebut harus telah mendukung proses burning file image. Pada artikel ini, saya mencoba dengan menggunakan nero terbaru versi 8.2.8.0 dan prosesnya berlangsung dengan cukup lancar.
    Untuk screenshot sementara ini saya belum dapat membuat karena terbatasnya waktu yang saya miliki.
    Artikel ini merupakan salinan dengan beberapa perubahan dari dokumentasi majalah CHIP edisi Februari 2008. Anda bisa menyimak artikel majalah tersebut untuk hal yang lebih terperinci. Terima kasih.

  3. feri riyadi
    6 April 2010 pukul 14:13

    terimakasih atas artkkelnya, hanya yang masih membingungkan adalah pada saat proses burning, saya menggunakan nero ver 7.0 dan tidak ada tampilan “boot” atau “new compilation”. mohon artkel ini dimuat dengan sejelasjelasnya. terima kasih

  4. yugi
    13 Mei 2010 pukul 01:32

    Nuhun Pisah, Terima Kasih.

  5. 6 Oktober 2010 pukul 14:02

    mas saya udah punya CD xp 3 mas,,

    gmn cara instalnya,,,
    thx,,,

    pusatduniamaya.blogspot.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s