Beranda > Gaya Hidup > Fitna, film “fitnah” terhadap Islam

Fitna, film “fitnah” terhadap Islam

Safril.tk – Sungguh luar biasa kehebohan yang dibuat oleh seorang anggota parlemen Belanda dari Partai Kebebasan, Geert Wilders, terhadap masyarakat muslim di seluruh dunia. Beberapa waktu lalu, dia meng-upload film pendek berjudul “Fitna” yang menayangkan tentang hujatan terhadap Islam (Kapanlagi.com). Dia mengambil beberapa dari ayat-ayat suci Al-Qur`an yang kemudian diberi visualisasi semisal aksi terorisme, hukuman-hukuman yang berlaku dalam agama Islam, serta soal poligami.

Banyak muncul kontroversi dari adanya film tersebut, namun yang pasti, film tersebut memicu terjadinya sikap melawan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat muslimd ari seluruh dunia. Pihak pemerintah Belanda juga segera menarik film tersebut dari peredarannya dan meminta maaf kepada masyarakat di seluruh dunia, khususnya masyarakat muslim.

Film tersebut jelas-jelas bersifat rasial terhadap agama Islam dan seolah mengatakan “Jauhi agama Islam karena itu adalah agama yang berbahaya!”.

Sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia yang demokratis serta saling menghormati dan menghargai untuk mencegah terjadinya sikap rasial yang menyangkut SARA di masyarakat.

Bagi anda yang mungkin merasa TIDAK INGIN UNTUK MENYEBARKAN video ini, anda masih bisa melihat video tersebut pada link berikut ini (Adobe Flash required):

PERINGATAN:

“LINK DI ATAS BUKAN UNTUK MENYEBARKAN FILM FITNA DI MASYARAKAT, MELAINKAN SEBAGAI BAHAN CONTOH (SAMPEL) KEPADA MASYARAKAT UNTUK LEBIH BERHATI-HATI TERHADAP TAYANGAN YANG BERBAU SARA SERTA SEBAGAI MODAL UNTUK MENGETAHUI FILM SEPERTI APA YANG HARUS KITA JAUHI. SEBAGAI RESPON TERHADAP UNDANG-UNDANG ITE YANG BARU, SAYA TELAH MENGHAPUS LINK DOWNLOAD DAN SAMPLE MOVIE DARI YOUTUBE…”

  1. Indah
    30 Maret 2008 pukul 10:03

    jadi penasaran, gimana film ini dibuat…

  2. 30 Maret 2008 pukul 11:48

    Sebenarnya seperti apa sih film FITNA itu…?

  3. 30 Maret 2008 pukul 13:27

    Saya download dulu…

  4. antribusi
    30 Maret 2008 pukul 13:56

    nyari videonya dmn yah???
    penasaran nih, filmnya kya gimana

  5. leleganz
    30 Maret 2008 pukul 14:30

    kmarin gw jg abis baca di detik ada fotonya pemainnya lg!

    jelek gtu kya beruang!

    parah bgt tuh orang londo,,,

    rasis,,,

    dia harus meminta maaf ksemua orang muslim seluruh dunia!!

  6. tumin
    30 Maret 2008 pukul 15:47

    hai salam kenal aja yah

  7. 30 Maret 2008 pukul 17:14

    seheboh apa sih “fitnah”nya..?

  8. 30 Maret 2008 pukul 18:21

    wow..
    benar2,, jaman skrg ni semakin aneh saja orang2 ini..
    MasyaAllah.

    Salam kenal mas.
    tetap smangat nulis🙂

  9. whitepillow
    30 Maret 2008 pukul 18:24

    Fitna????
    aku br dgr ada film yg jdlny itu…film buatan mn????

    Kalau memang pembuat film itu b’maksud menghancurkan islam…orang itu tlah melakukn perbuatan sia2…knp???
    krn hanya orang yg mempu berpikirlah yg tahu bagaiman indahnya islam,,,bagaimana fitnah itu hanya metode murahan yg hanya bs mask ke pikiran mereka yg mampu berpikir ttp tdk mau berpikir…

  10. citalalu
    30 Maret 2008 pukul 18:24

    emang itu gak penting merusak kebersamaan sesama muslim diantara qt semua,apa si untung ya yaa,.

  11. 30 Maret 2008 pukul 20:59

    Salam kenal

  12. blu3shoes
    30 Maret 2008 pukul 23:25

    Ntar download dulu deh,,ntn dlu bru comment

  13. watutirang
    31 Maret 2008 pukul 01:27

    kayaknya kalo yg liat orang non muslim, bisa bikin nggak ngeh ke islam..
    kalo yang liat orang muslim bisa berpikir “tuh orang ngajak perang ya..”
    lam kenal!!

  14. klikharry
    31 Maret 2008 pukul 02:06

    gimana kalo om Geertnya kita bawa kesini trus kita bakar rame-rame?
    setuju?
    macem-macem aja tuh orang, gak tau apa tempat tinggal terakhirnya di neraka?
    *marah-marah*

  15. hmcahyo
    31 Maret 2008 pukul 03:20

    PERINGATAN:

    “SEMUA FILE-FILE INI DI-UPLOAD BUKAN UNTUK MENYEBARKAN FILM FITNA DI MASYARAKAT, MELAINKAN SEBAGAI BAHAN CONTOH (SAMPEL) KEPADA MASYARAKAT UNTUK LEBIH BERHATI-HATI TERHADAP TAYANGAN YANG BERBAU SARA SERTA SEBAGAI MODAL UNTUK MENGETAHUI FILM SEPERTI APA YANG HARUS KITA JAUHI…”

    wah… sebel mau komentar apa… dengan film ini.. mudah-mudahan peringatan itu benar-benar sesuai denga tujuan-nya bukan untuk “disalahgunakan”

    hmcahyo.wordpress.com

  16. salafisend
    31 Maret 2008 pukul 03:50

    mau tahu bagaimana seharusnya tanggapan kita sebagai seorang muslim. yaitu harus pandai bersikap. sebenarnya inti bisa bersikap itu sudah dikenalkan jauh abad yang lalu yaitu sikap Rasulullah SAW, misalnya saja tak perlu perdulikan (bagi kita yang tak memiliki daya/ tapi seharusnya penguasalah dan para aktivis yang punya dayalah yang perlu memperjuangkanya) dan pastinya untuk membela islam perlulah sebuah metode yang brillian sehingga tak seperti para khawarij era milenium(baca:teroris) yang seolah olah membela islam tetapi malah menghancurkanya.

    “Salafisend”ChangeTheWorld.

  17. amhalia
    31 Maret 2008 pukul 04:22

    Salam kenal,

    Sebenarnya film ini lebih cocok disebut sebagai kolase klip-klip berita yang disatukan sehingga didapatkan kesan bahwa Islam adalah agama yang penuh dengan kekerasan, selain itu kutipan yang diambil Wilders pun sungguh tidak proporsional.

    Sekedar tambahan, pemerintah Belanda tidak menarik film tersebut dari peredaran karena film tersebut dilaunch bukan atas nama masyarakat dan pemerintah Belanda. Namun memang jauh hari sebelum film ini diluncurkan, berbagai institusi penyiaran di Belanda dengan keras menolak permintaan Wilders untuk menayangkan cuplikan klip ini di televisi ataupun di radio, sehingga Wilders melaunch film ini melalui situs Liveleak. Namun kemarin situs tersebut melansir bahwa pihaknya telah menghapus video tersebut.

    Geert Wilders pun sebenarnya tak lebih dari seorang politisi yang senang mengumbar sensasi dan tujuan penyebaran film ini tak lain adalah untuk memprovokasi umat Islam di dunia dan harapan saya adalah semoga umat muslim tidak terpancing dengan upaya provokasi ini.

  18. indramgl
    31 Maret 2008 pukul 04:24

    Mohon kebijaksanaannya dalam menanggapi masalah ini, mungkin anda sudah memperingatkan tapi apakah efektif? Saya berharap anda mampu memilih, karena masalah ini sangat sensitif. Semoga bermanfaat, http://indramgl.wordpress.com

  19. leobovistaburhan
    31 Maret 2008 pukul 04:47

    Film tersebut adalah hasil dari garapan seorang anggota parlemen Belanda yang sedang Frustasi dengan kadar Intelektual rendah.Frustrasi akan perkembangan Islam di negaranya yang berkembang pesat dan tidak dapat dibendung.
    Ingat jaman penjajahan Belanda di Indonesia, Kompeni melakukan politik Devide et Impera ( Politik Pecah Belah ),jangan terpancing karena sebentar lagi akan ada komentar yang pro dan kontra tentang Film tersebut, artinya kita sedang dalam proses adu domba oleh si Kompeni itu.
    Sadar atau tidak Geerts Wilders, sedang membidani lahirnya kelompok gerilyawan baru di Belanda, Sekali lagi Gerilyawan bukan teroris, taktik gerilya adalah Hit and Run,tidak berperang secara terbuka.
    Gerilyawan tersebut akan bergerilya, tapi medan tempur sekarang adalah di belantara gedung gedung pencakar langit dan rimba raya dunia maya ( baca Internet ).Ok…Friends jaga ukhuwah dan jangan terpancing.

  20. 31 Maret 2008 pukul 05:30

    Yah Bos…yang ke3 kok error yah?

  21. 31 Maret 2008 pukul 05:59

    namanya juga fitna, males nongton, apalagi ngabisin benwit buwat ngedonlod.

  22. nophanyahya
    31 Maret 2008 pukul 06:13

    hahaha, klo ada orang nge-provoke agama anda, kok dibilang ngga punya intelek, ngga ada kerjaan, cari masalah, pokoknya dibilang yang jelek2, klo anda anda bilang gitu juga, berarti anda udah kepancing sama si bule ini (peace peace)
    tapi yang gwe heran, waktu film Da Vinci Code muncul di indo, kok kayaknya pemerintah sama masyarakat oke oke aja ya?? coba klo film Fitna ditayangin di 21, seru kali ya (bukan bermaksud buruk, cuma menguji kedewasaan umat muslim di indonesia, masih main bakar2/rusak gedung ngga ya😛 )

  23. 31 Maret 2008 pukul 06:45

    hmm, ketakutan yang berlebihan terhadap islam. bener2 bodoh!

  24. 31 Maret 2008 pukul 06:51

    namanya aja fitna. isinya ya cuma fitnah doang.

  25. utheas
    31 Maret 2008 pukul 06:57

    Apakah di Belanda memiliki UU jauh lebih jelek ketimbang UU di Indonesia?
    Di Indonesia saja, pers kita dilarang untuk menjelek-jelekkan agama. Mengapa di sana sangat bebas?
    (Dalam konteks ini pers meliputi media massa, film, lagu, dll yang menyangkut pemberitaan kepada khalayak ramai).
    Semoga pemerintah Belanda segera menindak pelaku “yang tidak bermoral” (pembuat film) itu.
    Buat penulis, salam kenal…
    U/ nophayahya, blog bukan untuk menyindir/menyinggung perasaan salah satu agama.

  26. anaslalusemangat
    31 Maret 2008 pukul 07:09

    Assalamu’alaikum..
    deuh..belum tau jadi penasaran ma film nyah..

  27. 31 Maret 2008 pukul 08:17

    ck…ck….ck….haaaaaaaaahhhhhhhhh, tuh Belanda emangnya kurang kenyang apa setelah menjajah Indonesia selama 3,5 abad?Sekarang berani-beraninya menyakiti perasaan orang-orang Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

  28. 31 Maret 2008 pukul 08:18

    Film ini memang menuai kontroversi dan protes dimana-mana. Meskipun berdurasi cukup singkat, film ini telah mampu memicu kehebohan yang luar biasa terhadap masyarakat muslim di seluruh dunia. Untuk anda yang ingin mengetahui film ini lebih lanjut, silahkan men-download melalui link yang tersedia pada bagian artikel di atas. Film ini di-upload BUKAN UNTUK DISALAH-GUNAKAN DAN BUKAN UNTUK MENYEBAR-LUASKAN FITNAH TENTANG ISLAM, namun semata-mata hanya untuk pengetahuan dan informasi belaka. Pihak Pemerintah Belanda telah menghubungi pihak YouTuBe dan Live-Leak dimana mereka adalah yang pertama kali meng-upload video tersebut. Saat ini video-video tersebut telah diblokir aksesnya dari situs-situs yang disebutkan di atas.

  29. 31 Maret 2008 pukul 08:19

    pingin download tp BANDHWITH Terbatas http://www.pulsaq.co.nr

  30. cahaya8884
    31 Maret 2008 pukul 08:43

    sebenarnya tidak perlu kita komentar banyak2, itu semua hanya teori, tapi bagaimana solusi dari semua yang telah terjadi ini?
    salam kenal dari q http://cahaya8884.wordpress.com

  31. 31 Maret 2008 pukul 08:52

    donlot dulu ya, ntr d komennya

  32. 31 Maret 2008 pukul 09:10

    Solusinya yaitu kita harus tetap yakin pada agama kepercayaan kita masing-masing. Tak peduli apapun agama kita semua, kita harus saling menghormati dan menghargai pemeluk agama lainnya. Jangan jadikan video tersebut sebagai modal untuk saling berbuat dosa antar pemeluk agama. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berarti dimana kita harus berhati-hati dalam bersikap, bertutur kata, dan bertindak agar tidak terjadi kesenjangan sosial, agama, dan lain sebagainya di dunia ini.

  33. 31 Maret 2008 pukul 09:12

    jawaban yg seakan2 menganggap sepele seputar film fitna ini menurut aku perlu utk mempertanyakan pada diri sendiri kadar keimanannya..

    marah oke aja..
    asal tetep pake otak..

    marah tetep harus ditunjukkan, klo ngga, yg kayak ginian (baca: penghinaan thd islam) bakalan ada lagi..ada lagi..

    turun kejalan oke-oke aja..
    tapi tetep berfikir rasional, jangan ampe anarkis (seperti yg dilakukan FPI), krn anarkis akan menjatuhkan fihak islam…

    ya Allah..
    jangan biarkan hambaMU hanya terdiam saja melihat RasulMU di hina,
    jangan biarkan hambaMU hanya terdiam saja mendengar AgamaMU di injak2..
    jangan biarkan ya Allah..

  34. nophanyahya
    31 Maret 2008 pukul 09:23

    @utheas
    waaah, saya ngga nyindir, klo fakta mah, bukan nyindir namanya😀 lagian takut UU ITE hohohohoho

  35. 31 Maret 2008 pukul 10:22

    MOHON JANGAN MENYEBARLUASKAN FILM FITNA INI.. TERIMA KASIH..

  36. 31 Maret 2008 pukul 11:15

    marilah bersatu padu menjadikan islam yang sesungguhnya , rapatkan barisan , sehingga menjadi rahmatan lil alamin
    setuju ?

  37. fikriana
    31 Maret 2008 pukul 12:36

    Semoga semua ummat Islam di dunia tidak terpancing emosinya. Dan dapat dengan sabar menghadapi cobaan yang kecil ini. Amin
    SALAM KENAL…..

  38. rama11
    31 Maret 2008 pukul 12:41

    Mudah-mudahan kita tidak terpancing dengan adany film Fitna yang menimbulkan Fitnah kepada Islam. Langkah kita adalah mengklarifikasi tentang Islam dan juga
    apa itu jihad dalam Islam.

    Salam kenal….

    Ganbatte

  39. erwansubagyo
    31 Maret 2008 pukul 12:42

    untuk : nophanyahya yang menulis
    ——————————————————————————————-
    hahaha, klo ada orang nge-provoke agama anda, kok dibilang ngga punya intelek, ngga ada kerjaan, cari masalah, pokoknya dibilang yang jelek2, klo anda anda bilang gitu juga, berarti anda udah kepancing sama si bule ini (peace peace)
    tapi yang gwe heran, waktu film Da Vinci Code muncul di indo, kok kayaknya pemerintah sama masyarakat oke oke aja ya?? coba klo film Fitna ditayangin di 21, seru kali ya (bukan bermaksud buruk, cuma menguji kedewasaan umat muslim di indonesia, masih main bakar2/rusak gedung ngga ya😛 )
    ——————————————————————————————–

    Saya seorang Moslem, bila ada moslem lain yang disakiti, difitnah, maka saya ikut merasakan sakitnya. Jadi kalo temen-temen nasrani disakiti, mohon maaf, saya tidak akan merasa sakit (saya menentang penistaan agama, untuk agama apapun itu).

    Soal membawa om Geert ke Indonesia, silahkan saja, saya akan sangat senang dengan itu. Bawa saja ke rumah saya, biar beliau tinggal di rumah saya selama satu tahun. nophanyahya kalo mau tinggal di tempat saya juga boleh. Kenalkan saya pada Jesus Christus, nanti anda akan saya kenalkan dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW, dan sampeyan tidak perlu menjadi Muslim setelah satu tahun hidup dengan saya.

    Saya juga bukan Muslim yang kaffah, saya masih banyak kekurangan. Satu hal saja pada anda semua yang “bertuhan”, hormatilah satu sama lain. Bahkan jika ada dari anda semua yang “tak bertuhan” sayapun tetap menghormati anda.

    Orang menghina keyakinan orang lain yang berbeda dengan keyakinannya biasanya karena tidak paham dengan keyakinan orang lain dan keyakinannya sendiri.

    Mohon koreksinya….

  40. grandchief
    31 Maret 2008 pukul 12:42

    Sepertinya bansa barat tidak henti-hentinya memusuhi islam.Sedangkan kita hanya bisa sebagai penonton kekejian bangsa barat terhadap saudara kita sendiri.Sepertinya kita memerlukan persatuan islam.
    Selamat kenal dan kapan 2 boleh kok berkunjung ke blog aku dan mengisi komment.aku senang dengan hal itu.terima kasih.

  41. erwansubagyo
    31 Maret 2008 pukul 12:50

    Sebenarnya masih ada jalan bagi umat untuk bersatu lagi, kita cuma perlu menegaskan kita ini seaqidah. Ingat! Kitab Suci kita tetap sama, tak ada satu hurufpun yang berbeda. Kita cuma perlu menerima perbedaan-perbedaan kecil dalam pemahaman kita. Hentikan tuduhan-tuduhan sesat pada sesama kita.

  42. syamsulmaarif86
    31 Maret 2008 pukul 13:18

    menurut saya film fitna menggambarkan wilders yang tidak siap untuk menerima kenyataan jumlah pemeluk islam yang kian bertambah di belanda. sebagai seorang muslim saya mengutuk dan merasa marah karena dalam film itu sangat menghina Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam. mari sebagai umat muslim kita rapatkan barisan untuk menghentikan segala bentuk penghinaan terhadap islam dan baginda nabi muhammad. dan hentikanlah hujatan dan tuduhan keji terhadap sesama muslim

  43. carine23cherie
    31 Maret 2008 pukul 16:05

    sedang di download…

    bersatulah umat muslim!!!!

  44. Tito
    1 April 2008 pukul 01:08

    wah udah bisa di download…sebelumnya cuma liat di youtube doang pas launchingnya,
    menurut saya film tsb sangat2 amatiran, udah bisa ditebak kalau maksudnya adalah memprovokasi.
    semoga greet wilders mendapat balasan yang lebih kejam.

  45. suciptoardi
    1 April 2008 pukul 01:14

    Islam memang keras sekaligus tegas….bunuh saja yang pantas dibunuh….

  46. rijalabdullah
    1 April 2008 pukul 01:24

    Saya pernah menyatakan jauh sebelum film ini dirilis, bahwa kalau anda (orang kafir) berusaha tetap memojokkan Islam dan Kaum Muslimin akan menuai badai. Saya bisa pastikan bahwa anda dan masyarakat Belanda khususnya akan menuai badai atas kebrutalan warga negara anda. Kami umat Islam pasti akan tidak pernah bersenang hati atas perbuatan anda. Apaka anda juga, khususnya Wilders, ingin juga jadi bernasib sama dengan Salman Rusdi? Tidak nyaman dimana dia berada.
    Semoga Allah menurunkan pertolonganNya bagi kami kaum Muslimin. Amiin.

  47. 1 April 2008 pukul 01:39

    OK, nanti saya donlot dulu dan beri penilaian.🙂

  48. earthin
    1 April 2008 pukul 01:53

    Hi, kenapa sih part 3 nya nggak bisa di download

  49. D a d u n
    1 April 2008 pukul 03:10

    sangat penasaran. berkalikali mencoba download, selalu gagal. semoga kali ini berhasil

  50. 1 April 2008 pukul 03:49

    memang yang namanya dunia ini penuh dengan lika-liku kehidupan, akan tetapi itu semua kembali lagi pada diri kita sendiri, bagaimana kita menanggapi hal tersebut sangatlah tergantung pada pemahaman serta wawasan yang kita miliki. seperti halnya dengan film fifnah ini, memang sangat menggelitik pikiran kita terutama umat islam sedunia. akan tetapi kembali lagi pada kita sendiri, kalau memang orang pembuat film itu bermaksud untuk melecehkan atau menghina umat islam. itukan suatu hal yang disampaikan secara sastra, ya seharusnya kita juga melawannya dengan sastra pula. kita buat film atau sesuatu yang bisa membuat mereka (marah atau merasa dilecehkan misalnya dengan mengangkat kehidupan dari para tokohnya atau agamanya) begitukan. ya kita tanggapi dengan rasional kita aja.

  51. andik2030
    1 April 2008 pukul 04:35

    Keterlaluan sudah penghinaan kaum kafirin kepada Islam. Kenapa banyak umat Islam yang bertindak yang menurut mereka “teroris” ? Pelecehan idiologi dan pelanggaran ham sebetulnya sudah dimulai dengan cara mempropagandakan fitnah terhadap kebenaran Islam serta penyiksaan-penyiksaan secara fisik dan non fisik terhadap umat Islam di berbagai belahan dunia, yang didukung oleh negara-negara yang sering ngomong soal hak asasi dan kedamaian. Namun dibalik itu semua sebetulnya slogan-slogan tentang ham dan kedamaian itu direkayasa oleh pikiran busuk yang ingin menaklukkan kedamaian itu sendiri dengan keserakahan, kearoganan, kesombongan, dan kebrutalan. Wajar jika umat Islam baik secara perorangan maupun kelompok melakukan perlawanan terhadap penjajahan dan pemerkosaan idelogi tersebut. Mereka jual dan kita dipaksa beli. Kita ngga’ akan betah diam terus menerus bila aqidah kita terus-menerus diinjak-injak dan diludahi.MEREKA MEMBUKA JALAN UNTUK BERJIHAD ! Allohu Akbar !!!

  52. vizon
    1 April 2008 pukul 07:39

    Meski Islam difitnah dari sudut apapun juga, itu tidak akan menyurutkan keimanan saya, dan juga tidak akan mengurangi rasa hormat saya kepada saudara2 saya non Muslim lainnya. Karena saya tahu, bahwa saat ini, agama sudah menjadi produk politik.

    Sebetulnya, isu agama yg dipolitisir tidak hanya terhadap Islam, terhadap agama2 lain juga sudah sering. Hanya, isu Islam jauh lebih “enak” buat mainan.

    Adalah lebih baik bila kita mencoba untuk arif dengan tidak terpancing secara emosional. Sehingga, kerukunan kita dengan tetangga kita yang berbeda agama tidak ikut2an terganggu… Mempertahanklan persaudaraan antar sesama manusia, jauh lebih berharga, daripada melayani kerjaan manusia yg tidak beradap tersebut…

    Semoga Allah, merahmati kita semua…

  53. 1 April 2008 pukul 07:54

    @Vizon,

    saya sepakat..

    tapi tolong akhirilah penyebaran film ini,
    kasihan orang-orang awam yang kemudian menyalah tafsirkan..

    klopun tidak, tolong perhatikan perasaan kami ini (muslim di belanda)

    makasih banyak. dan turut kucewa..

  54. saabil10
    1 April 2008 pukul 09:15

    Assalamu’alaikum. maaf ada yang bisa bantu ngrimin video yang bagian 3,aku coba download beruulang kali kok gak bisa…tas bantuannya Tuhan yang membalas makasih. CINTA TANAH AIR BAGIAN DARI IMAN – KAMI ADA KARNA ALLOH TA’ALA

  55. cymot
    2 April 2008 pukul 06:55

    sebenarnya apa yang ada di dalam otak si pembuat film ini???????????????????????????????????????????????

  56. cymot
    2 April 2008 pukul 07:06

    tapi gw yakin separah apapun hujatan terhadap kaum muslim tetap tidak akan menghancurkan tali persaudaraan antara sesama muslim maupun non muslim
    karena semua orang tau “ISLAM ITU DAMAI”

  57. 3 April 2008 pukul 09:52

    eh hati2 loh pemerintah udah ngelarang peredaran film ini…😀

  58. nophanyahya
    4 April 2008 pukul 15:40

    ah, isi film ini bukannya refleksi/cerminan umatnya yah?

    @erwansubagyo
    wah, komentar yang dewasa hahaha, masalahnya bung, ngga banyak yang berpikiran seperti anda, abis liat ni film, langsung asal ngomong “bunuh!” “bantai!” “penggal kepalanya!”

  59. jovu
    4 April 2008 pukul 17:40

    kalo nga ngerasa ngapain umat islam musti sakit hati dan marah-marah….
    bukannya itu menunjukan kekerasan dan tidak beretika…kalo soal bangsa indonesia di jajah setgh abad oleh Belanda itu karena rakyat indonesia yang sangat bodoh…gw kasi taw buat semua org islam mendink lo org makan babi biar pinteran dikit

  60. 19 April 2010 pukul 10:38

    sesunggunya islam itu agama yang paling sempurna,karena iaslam adalah penyempurnaan dari agama2 sebelumnya…

  61. Nama Saya Andry
    8 Januari 2011 pukul 16:44

    untuk nophanyahya.

    intinya semua manusia itu berbeda2, mau dari agama apapun, ras apapun, stiap insan manusia itu berbeda2. maka itu, terjadilah kesalah pahaman, atau perbedaan pendapat.

    setiap manusia itu mempunyai sifat egois, saya akui saya egois.

    dan faktanya mengapa manusia egois, tentu saja dengan inginnya, tentang pendapat atau bahan pembicaraannya selalu benar, dikarenakan merasa BENAR.
    sebut saja contoh Geert ini.
    dia tetap saja tidak mau kalah tentang argumen2 fakta islam.
    karena dia merasa paling benar, dengan semua referensi2 dia tentang Islam.
    brarti dia Egois.
    benarkan ?

    dan setiap referensi setiap manusia itu, meningkatkan daya pola pikir manusia itu sendiri, bagaimana mereka menyelesaikan semua masalahnya.
    jadi mohon, kalau ada sesuatu dari oknum manusia yang memang kurang berkenan, jangan seenaknya meng-KLAIM suatu umat itu. tinggal sebutkan saja nama dari orang tersebut, dan menyelesaikan secara pribadi, atau anda berurusan dengan semua umat.

    karena dari dasarnya, ajaran semua Agama tidak mengajarkan untuk menjadi Buruk.
    ingat, Semua Agama intinya, berniat untuk membuat semua Manusia itu Akur.

  62. Nama Saya Andry
    8 Januari 2011 pukul 16:51

    ooh ya satu lagi.

    jovu :
    kalo nga ngerasa ngapain umat islam musti sakit hati dan marah-marah….
    bukannya itu menunjukan kekerasan dan tidak beretika…kalo soal bangsa indonesia di jajah setgh abad oleh Belanda itu karena rakyat indonesia yang sangat bodoh…gw kasi taw buat semua org islam mendink lo org makan babi biar pinteran dikit

    apa tanggapan anda nophanyahya ?
    menurut anda dia ini Islam ?
    apakah Mengadu Domba ?

    apakah anda termasuk mengadu domba ?

    untuk semua.
    so, jika ingin dihormati, tolong hormati orang lain.

  63. deddy
    16 September 2012 pukul 06:42

    Bagaimanapun kita warga muslim di indonesia menunggu perintah Presiden RI Bpk ES BE YE kalau kata beliau diam ya kita mesti diam tapi kalau kata beliau cukup dengan do’a ya kita berdo’a aja agar umut muslim tidak di hina atau kita minta petunjuk Bang Luhut ajadeh

  64. 17 September 2012 pukul 17:30

    gak ada bedanya ama buku salman rusdi (sikafirin dari orentalis belanda), tpi anehnya film ini dapet tempat hati orang-orang JIL.

  1. 30 Maret 2008 pukul 12:46
  2. 30 Maret 2008 pukul 14:19
  3. 30 Maret 2008 pukul 18:03
  4. 31 Maret 2008 pukul 14:49
  5. 1 April 2008 pukul 00:00
  6. 4 April 2008 pukul 04:09
  7. 6 April 2008 pukul 11:00
  8. 10 April 2008 pukul 10:13
  9. 2 Mei 2008 pukul 04:52

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s