Beranda > Komputer > Rilis terbaru AntiVirus lokal terbaik PCMAV v2.0

Rilis terbaru AntiVirus lokal terbaik PCMAV v2.0

10 Maret 2009

Memperingati ulang tahun PC Media ke-8 yang jatuh tepat di edisi terbaru 04/2009 yang telah terbit, majalah komputer terbesar dan terlaris di Indonesia ini memberikan versi final dari PCMAV 2.0 Valkyrie. Apa saja yang baru di antivirus kebanggaan Indonesia ini?

APA YANG BARU?

a. IMPROVED! Implementasi modul baru untuk manajemen operasi memory dan pencarian file yang begitu cepat dan stabil.

b. NEW! IntelligentScan (iScan) engine for ClamAV untuk meningkatkan akselerasi pendeteksian ketika engine ClamAV digunakan. Pada PCMAV generasi 1.x banyak dikeluhkan mengenai betapa lambatnya PCMAV ketika digabung dengan engine ClamAV. Untuk itulah kami melakukan riset mendalam untuk mengembangkan sebuah engine tambahan, yang diharapkan secara signifikan dapat meningkatkan performa PCMAV ketika digabung dengan engine ClamAV. Hasilnya, terciptalah iScan for ClamAV yang secara meyakinkan mampu meningkatkan performa scan PCMAV+ClamAV hingga 40% lebih cepat. Buktikan sendiri!

c. NEW! RealTime Protector (RTP) for Vista dan Windows 7. PCMAV RTP merupakan satu-satunya antivirus produksi Indonesia yang dapat berjalan lancar dan stabil di Windows Vista. Khusus untuk Windows 7, walau cukup berjalan lancar, RTP masih bersifat eksperimental mengingat Windows 7 sendiri yang masih berstatus Beta.

d. NEW! Virus Quarantine (karantina) untuk mengisolasi file-file yang dicurigai bervirus ke tempat yang aman dan terlindungi sebelum diambil tindakan lebih lanjut, seperti penghapusan maupun perbaikan file. Jika ternyata file tersebut tidak berbahaya (false alarm), maka dapat dikembalikan ke lokasi awal di mana file tersebut berasal. Klik angka pada info Quarantined untuk masuk ke menu karantina. Folder dan file “quarantinequarantine.dat” secara otomatis akan terbentuk ketika PCMAV dijalankan untuk pertama kalinya di harddisk.

e. NEW! Virus Submit yang terintegrasi di menu Virus Quarantine. Jika pada PCMAV generasi 1.x ditemukan file yang dicurigai (suspected) maka Anda harus mengirimkan contoh file tersebut secara manual melalui e-mail dengan sebelumnya dilakukan kompresi yang terpassword. Kini keribetan tersebut tidak ada lagi. Fitur Virus Submit hadir untuk mempermudah pengiriman otomatis file-file yang dikarantina ke PC Media. Tinggal pilih file yang dimaksud di menu Virus Quarantine, lalu pilih Submit. File yang berhasil dikirim akan dianalisa dan sesegera mungkin

dibuatkan update antivirus-nya berdasarkan skala prioritas.

f. NEW! PC Media Updates Manager untuk update online otomatis, baik untuk file database virus PCMAV (update.vdb) maupun ClamAV (main.cvd & daily.cvd).

g. IMPROVED! Integrasi awal PCMAV Cleaner & RTP. Proses awal PCMAV Cleaner kini lebih cepat karena tidak lagi memeriksa memory/sistem

start-up Windows ketika RTP telah aktif. Dan untuk lebih menghemat penggunaan memory, kini PCMAV Cleaner & RTP mampu menggunakan memory bersama untuk database virus.

h. IMPROVED! Fitur scan melalui klik-kanan pada Explorer (/REGSHELL). Bukan hanya file, kini folder juga dapat dilakukan scan dengan klik-kanan.

i. NEW! Fresh-Look dengan tampilan baru yang lebih simpel, cerdas, informatif, dan tentunya menyenangkan.

j. BUG FIXED! Kesalahan deteksi (false alarm) heuristik pada beberapa program dan script.

k. IMPROVED! Database virus utama (pcmav.vdb) kini dikeluarkan dari modul utama dan bersama file update database virus (update.vdb)

diletakkan di folder “vdb”

l. IMPROVED! Engine dan CVD tambahan ClamAV (0.9x) kini wajib diletakkan di folder “pluginsClamAV”

m. IMPROVED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 54 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 2614 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di versi 2.0.0 ini oleh core engine PCMAV.

n. IMPROVED! Perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.

o. IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap dapat menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.

1. Buat folder baru “pluginsclamav” di dalam folder di mana PCMAV berada.

2. Prosedur penginstalan library ClamAV

A. Download file library ClamAV dari alamat berikut:

http://oss.netfarm.it/clamav/

Lihat pada bagian “Current Stable“, dan download file library clamav 0.94.2 dengan meng-klik link file:

http://oss.netfarm.it/clamav/files/clamav-win32-0.94.2.7z.

Apabila link tersebut sudah tidak aktif lagi karena adanya update atau adanya perubahan versi, silakan download file baru yang tersedia yang mengandung string “-win32-“.

B. Setelah Anda mendapatkan file “clamav-win32-0.94.2.7z” hasil download tadi, lakukan ekstrak beberapa file berikut ke dalam folder .pluginsclamav:

– libclamav.dll

– libclamunrar.dll

– libclamunrar_iface.dll

* 7z merupakan file archive 7-Zip. Gunakan program 7-Zip melalui:

http://www.7-zip.org

3. Prosedur penginstalan database virus ClamAV

A. OTOMATIS: Sebelum menjalankan PCMAV, pastikan komputer Anda terhubung ke Internet dan non-proxy. Setelah langkah No.2 di atas telah selesai, jalankan PCMAV-CLN.EXE, maka PCMAV akan melakukan update secara otomatis terhadap file “main.cvd” dan “daily.cvd” yang keduanya merupakan database virus ClamAV.

ATAU

A. MANUAL: Download dengan menggunakan download manager file database harian dari alamat berikut ini:

http://db.local.clamav.net/daily.cvd

CATATAN: Jika dengan cara penunjukan langsung alamat seperti di atas browser Anda gagal men-download kedua file tersebut, maka masuklah ke situs http://www.clamav.net, lalu tepat di bawah judul “Latest Stable Release” terdapat link “daily.cvd”. Anda tinggal meng-klik kanan link tiap file tersebut, lalu pilih “Save As”.

B. MANUAL: Tempatkan file “daily.cvd” tersebut beserta file “main.cvd” yang terdapat pada folder ClamAV di CD/DVD majalah PC Media edisi ini ke dalam folder pluginsclamav.

4. Setelah semua prosedur No.3 di atas dilakukan, pastikan bahwa pada folder pluginsclamav telah terdapat 5 (lima) buah file, yaitu:

1. libclamav.dll ==> hasil ekstrak download

2. libclamunrar.dll ==> hasil ekstrak download

3. libclamunrar_iface.dll ==> hasil ekstrak download

4. main.cvd ==> dari paket ClamAV di CD/DVD PC Media, atau update otomatis

5. daily.cvd ==> hasil download atau update otomatis.

Sekarang Anda jalankan PCMAV-CLN.EXE, apabila ClamAV tersebut berhasil diintegrasikan oleh PCMAV maka akan tampil informasi mengenai database ClamAV pada kolom “PCMAV Informations”. Dan Anda sekarang dapat menggunakan PCMAV seperti biasa (termasuk RTP), tentunya dengan database virus yang lebih banyak.

Anda berminat mencoba sendiri keampuhan PCMAV 2.0 terbaru ini! Download di sini dan segera rasakan kehandalannya!

http://www.ziddu.com/downloadlink/3807718/PCMAV_2.0_Final_Release.zip

  1. Caca Sukma
    18 Maret 2009 pukul 05:48

    Salam,🙂
    terimakasih informasi hosting gratisnya
    berguna banget nih

  2. 19 Desember 2009 pukul 17:51

    saya telah membaca beberapa artikel tentang antivirus lokal yang terbaik, namun saya masih bertanya-tanya manakahanti virus yang benar-benar ampuh untuk mengatasi virus lokal. apa kelebihan antivirus pcmav ini dibandingkan dengan smadav atau ansav? terimakasih.

  1. 10 Maret 2009 pukul 07:38
Komentar ditutup.