Beranda > Hewan Peliharaan > KuraBrazil.com – Komunitas Pencinta Kura-kura Brazil

KuraBrazil.com – Komunitas Pencinta Kura-kura Brazil

Komunitas Pencinta Kura-kura BrazilAku punya seekor anakan kura-kura Brazil (Red Ear Slider/RES) yang lucu banget. Tertarik memelihara kura-kura Brazil itupun awalnya karena kasihan melihat mereka di Carrefour. Sudah tempatnya sempit, kura-kuranya banyak banget jadinya seperti tidak bisa bergerak. Setelah beberapa lama memelihara, kura-kura mati satu demi satu😦

Padahal sudah baca artikel tentang pemeliharaan kura-kura Brazil. Sialnya artikel berbahasa Indonesia yang ada jumlahnya tak banyak dan kurang informasi. Artikel dalam bahasa Inggris banyak tapi dari dasarnya saja sudah enggan membaca artikel seperti itu. Terbersit ide membuat sebuah forum resmi khusus pencinta kura-kura Brazil Indonesia. Daripada berdiskusi tentang kura-kura Brazil dari forum-forum global seperti KasKus dan IndoForum yang nggak jelas thread-nya dimana saja lebih baik membuat forum khusus kura-kura Brazil (RES) saja.

Setelah beberapa waktu bertapa di depan laptop untuk mendesain forum (yang ternyata nggak mudah), jadi juga “Forum Resmi Pencinta Kura-kura Brazil“. He..He..🙂

Dengan alamat website di www.KuraBrazil.com, Forum ini dibuat dengan basis MyBB Open Source Forum. Saya telah melakukan beberapa perubahan pada forum sehingga sangat mudah menggunakannya. Dalam forum anda bisa menemukan sekelumit informasi tentang:

Psst.. Untuk kamu yang memiliki kura-kura Brazil (RES) sebagai hewan peliharaan kesayangan, kamu bisa berbagi foto “Anda dan Kura-kura Brazil” lho. Pamerkan kepada dunia, betapa lucunya (kamu dan) kura-kura Brazil.🙂

So, untuk kamu pencinta dan penyayang kura-kura Brazil (RES) sejati jangan lupa bergabung, ya? Bagi dan tuliskan pengalaman atau tips & trik seputar kura-kura Brazil di Forum ini.

Sumber : KuraBrazil.com
  1. 14 Januari 2010 pukul 09:57

    isi forumnya baru dikit ya

  2. 3 Maret 2010 pukul 12:46

    wah, baru tahu saya kalo ada forum khusus kura2 brazil.
    terima kasih infonya.🙂

  3. Yo Hi Kuang
    4 April 2010 pukul 19:09

    Salam kenal, mau tanya apa boleh saya mempublikasikan sebuah buku yang baru selesai saya tulis tentang Kura-kura Brazil? Terima kasih sebelumnya.

    • 4 April 2010 pukul 21:44

      Boleh tahu materinya (sumber tulisan di buku)? Bila materi diambil dari Forum http://www.KuraBrazil.com, mohon mencantumkan sumber tulisan dari Forum Kurabrazil.

  4. 7 April 2010 pukul 17:24

    ayo yg punya res ato ngerti ttg res.. ikutan ramein http://www.KuraBrazil.com

    kalo ada yg jualan perlengkapan buat res juga, moga2 bs laris..🙂

  5. Yo Hi Kuang
    20 April 2010 pukul 17:07

    Wah, saya senang sekali bahwa Sdr. Safril punya ide yang sama dengan saya menulis buku tentang Kura-kura Brazil. Bertahun-tahun setiap kali saya ke toko buku mencari buku tentang KKB, tapi tidak pernah ada. Saat ini buku saya juga dalam kondisi yang sama, yaitu siap cetak. Buku saya diambil dari sumber-sumber lain di internet. Kalau boleh saya minta alamat Saudara supaya kalau sudah selesai cetak nanti, saya bisa kirimkan via pos sebagai simbol perkenalan.. he.. he.. Soal apakah nanti dipublikasikan atau tidak itu tentunya hak mutlak dari Saudara. Terima kasih.

  6. Afifah
    11 Juli 2010 pukul 11:15

    Saya ingin bertanya beberapa hal tentang kura-kura saya yang sepertinya sedang sakit.
    1. Mengapa mata kura-kura saya sering tertutup padahal tidak bengkak?
    2. Mengapa kura-kura saya tidak mau makan? Sudah 2 minggu tidak makan.
    Terima kasih sebelumnya.

    • 11 Juli 2010 pukul 15:09

      1. Kura yang menutup mata selalu mengindikasikan adanya masalah/penyakit. Mula-mula periksalah kondisi habitatnya. Apakah air dalam keadaan bersih? Apakah suhu dan pencahayaannya sudah tepat? Bila tidak ada masalah, perhatikan kondisi fisiknya. Apakah ada luka? Apakah ada gejala yang tidak wajar? Anda bisa merujuk ke forum http://www.kurabrazil.com untuk jawaban dari masalah seperti ini.

      2. Kura enggan makan juga masalah yang paling sering dihadapi pemelihara. Sebabnya bermacam-macam, mulai dari kura yang bosan terhadap makanan yang itu-itu saja hingga kura yang mengalami cedera atau infeksi pernapasan. Mungkin anda bisa menjelaskan dengan lebih terperinci kondisi fisik dan non fisik kura yang bersangkutan.

  7. wisnu
    16 September 2010 pukul 22:49

    saya mw tanya
    saya punya 3 kura2 brazil. 3 tahun yg lalu ada 1 kura kura yang paling besar. Tapi mengapa sekarang jadi paling kecil? Dan sepertinya ukuranya tdk btambah. Apa mungkin kura2 yg saya tsb tdk dpt tambah bsr lagi? Ukuranya baru sekitar 15cm, yang laen uadh 20cm padahal dulu cma 8cm
    tolong jawabanya

  8. ucha
    3 Desember 2010 pukul 17:01

    wah …nice inpo…. btw kok g bisa masuk ke kurabrazil.info ya??? apa harus login ??

    • 17 Juni 2011 pukul 09:21

      Domain KuraBrazil.info saat ini sudah tidak aktif lagi. Sebagai gantinya, silahkan masuk melalui domain baru http://www.KURABRAZIL.com

  9. dyahputri
    1 Agustus 2012 pukul 13:15

    saya udah daftar di alamat tersebut, tapi kok jadi ga bisa ngakses ya?

  10. dyahputri
    1 Agustus 2012 pukul 13:18

    kura-kura saya sekarang sering membuka mulutnya seperti menguap, selain itu dia juga jadi sering mengeluarkan liurnya dan nafsu makan berkurang? sepertinya dia sakit, apa yang harus saya lakukan? mohon bantuannya🙂

  11. 13 Juli 2015 pukul 13:23

    Sobat2… Saya mau mau jual kura2 Brazil peliharaanku, uk/ 24 X 21 cm, semuanya ada 4 ekor. Dalam kondisi sehat. Yang berminat , please contact : 0857 23 930 168. Thx.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s