Beranda > Komputer > Panduan QPST untuk Haier C700

Panduan QPST untuk Haier C700

Artikel ini sebenarnya saya tulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pengunjung blog ini setelah membaca artikel saya “Tips dan Trik Mempercepat Internet Smart Haier C700“. Di sini saya akan menjelaskan secara cukup terperinci disertai gambar-gambar pendukung tentang bagaimana menggunakan PC Suite khusus untuk HP modem dari Smart, Haier C700.

Untuk menggunakan aplikasi QPST, pastikan ponsel telah terkoneksi dengan komputer via USB. Dengan asumsi anda telah menginstall driver bawaan HP, cobalah buka menu “Device Manager“. Caranya klik kanan di My ComputerPropertiesHardwareDevice Manager. Expand bagian “Ports (COM & LPT)” dan pastikan HP telah terkoneksi dengan baik ke komputer melalui salah satu port (COMXX).


Download aplikasi QPST 2.7 build 323 di sini

Install aplikasi QPST yang telah anda download. Cara penginstalan sama seperti aplikasi biasa, anda cukup ikuti wizard yang tersedia hingga selesai. Bila telah terinstall, klik pada Start menu – All ProgramsQPSTQPST Configuration.

Akan muncul jendela splash screen yang kemudian muncul jendela utama QPST Configuration. Arahkan kursor pada tab “Ports” kemudian klik tombol “Add New Port” (lihat gambar).

Pada jendela “Add New Port” perhatikan pada kolom di sebelah kiri. Klik pada “COMxx – USB/QC Diagnostic” dimana xx adalah angka pada port. Otomatis kolom “Port” dan “Port Label” akan terisi. Klik tombol “OK” untuk melanjutkan.

Anda sekarang akan kembali ke jendela QPST Configuration. Tunggulah status “State” hingga “Enabled“.

Sekarang perhatikan pada taskbar di kanan bawah layar. Klik kanan pada icon globe dan pilih menu “EFS EXPLORER“.

Sebelum masuk ke jendela utamanya, anda akan disuguhi jendela Phone Selection. Klik pada tombol OK untuk melanjutkan. Sekarang HP akan mencoba mengirimkan informasi ke komputer. Tunggu hingga proses selesai.


Bila proses tersebut selesai anda akan dibawa menuju ke halaman utama QPST EFS Explorer. Perhatikan panel di sebelah kiri, klik pada folder “brewusbeisshared“. Anda akan menemukan 3 folder penyimpanan utama (storage).

Sebagai contoh, bila anda ingin mengisikan lagu ke HP klik kanan pada folder “audio” dan pilih menu NewFile.

Pada jendela Write File to Phon” yang muncul, klik pada tombol “Browse” hingga muncul jendela explorer. Pilih fila lagu yang ingin anda masukkan (format MP3). Klik Open untuk melanjutkan.

Di jendela Write File to Phone, klik langsung pada tombol OK untuk memulai proses transfer file.

Taraa.. Sekarang file lagu tersebut telah berhasil masuk ke HP anda.

Bila anda ingin memasukkan gambar, caranya juga sama dengan saat mengisikan lagu namun pilih folder “image“.

Bila proses transfer data telah selesai, akhiri dengan klik kanan pada icon globe di taskbar kembali dan pilih menu “Stop QPST Server“.

Tips: Bila anda ingin menambahkan wallpaper ke dalam HP Haier C700, pastikan foto/gambar memiliki resolusi 128x160 px. Di bawah ini adalah contoh gambar wallpaper yang saya buat di resolusi tersebut :

Sumber : Forum Djawir

  1. samharso
    13 Juni 2010 pukul 13:36

    makasih sebelumnya atas infonya yang berharga mas safril…

    tapi, saya masih butuh bantuan….setelah semua proses download dan install selesai…dan klik kanan icon globe di taskbar kiri…sampai akhirnya melihat di “brew”….ketika “brew” saya klik, tidak ada sama sekali keterangan “usb”…cuma berhenti di “sys”…

    kenapa bisa begitu ya mas…???

    mohon bantuannya…terima kasih

    • 11 Juli 2010 pukul 08:04

      Kemungkinan besar ada masalah dengan koneksi dengan USB-nya. Pastikan bahwa kabel USB telah terhubung dengan baik dengan perangkat telepon Anda. Sebab lain biasanya karena daya (voltase) USB belum memadai/fluktuatif sehingga dapat membuat koneksi dengan komputer tidak stabil atau bahkan tidak terkoneksi dengan baik.

      Solusinya bila Anda memakai komputer desktop, colokkan kabel USB pada port USB di bagian belakang CPU. Bisa juga menggunakan kabel USB 2.0 Aktif atau dual usb cable. Semoga membantu.

    • tanty
      21 Juli 2011 pukul 10:51

      askum mas safril
      minta server brewnya
      ketik jha di haier c700
      *01763*9183
      trus da brew set dan kbawah ghi
      brew server
      mohn bantuanya ea
      bales….
      trimksh sblumnya…

  2. 10 Juli 2010 pukul 07:56

    trims…cukup membantu

    (“Y”)

    • 11 Juli 2010 pukul 08:05

      Sama-sama. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

  3. kholis
    10 Juli 2010 pukul 22:13

    kok pd saat mau masukin lagu ERROR sih…. ky gini..

    An error occured wjile trying to write the file ‘brew/usb/eis/shared/audio/nightmare.mp3 to the phone.
    Error code (255): Disk space not sufficient.

    gimn dong ap yang hrs aku lakuin…?
    tlg dibls scptnya,,aku lg butuh….!!!

    • 11 Juli 2010 pukul 08:07

      Error tersebut disebabkan karena memory perangkat telepon telah penuh. Solusinya, pindahkan dulu file-file Anda ke memory external (TransFlash/MicroSD card).

  4. bayu
    13 Juli 2010 pukul 21:54

    yang saya inginkan agar bisa sms lewat pc dengan hp haier c700 bisa ga?

  5. egy
    15 Juli 2010 pukul 13:07

    fungsi qpst selain itu ap lagi? kan sub menunya banyak.,

  6. urfan
    17 Juli 2010 pukul 07:59

    makasih ya kk safril sekarang aq dah bisa nyimpen lagu tanpa microSD card!!
    makasih banyak!!!

  7. 23 Juli 2010 pukul 11:11

    thanks, hp ku sudah bisa, berkat tutorialnya yang bagus dan lengkap..thanks..

  8. wanbailee
    23 Juli 2010 pukul 14:45

    Cara Unlocknya mana gan???

  9. wheli
    29 Juli 2010 pukul 13:57

    kok yang dibahas cuman masalah transfer file ya..? untuk mempercepat internetnya gak ada…

  10. juned
    29 Juli 2010 pukul 20:42

    mas, kalo mau hapus aplikasi brew gmn?? dibuka di manage applicationnya ga ada itu aplikasi. tolong dong. terimakasih

  11. zena
    4 Agustus 2010 pukul 14:41

    minta unlocknya broo… please……kirim ke zenahabibi@gmail.com.

  12. poezyara
    5 Agustus 2010 pukul 00:34

    makasih ya buat infonya, ak jd tambah banyak ilmu,,

  13. puji lestari
    5 Agustus 2010 pukul 18:45

    hallo….
    ak mau tanya kalo mp3 sama program file hp haier C700 g bs dibuka trus mp3ny jg g bs buat muter lagu kenapa ya????
    mohon bantuannya ya, sooalnya ak bingung bgt g tau knpa ni HP
    mksh sblmny,

  14. 7 Agustus 2010 pukul 08:19

    Saya juga udah coba cara ini Mas, alhamdulillah bisa.
    Tapi yang bermasalah, cuma yang bagian “foto wallpaper”. Walaupun udah diupload, tetap gak muncul jadi wallpaper.

    Mohon pencerahannya Mas🙂

  15. 7 Agustus 2010 pukul 09:29

    thanks, hp ku sudah bisa, berkat tutorialnya yang bagus dan lengkap..thanks..

  16. 13 Agustus 2010 pukul 15:06

    Sip ping tutorialnya…… hehehehehe………
    ngikut aja dah…

  17. fRaNz
    31 Agustus 2010 pukul 12:20

    bro…
    kasus gw sama kyk puji leztari….
    kog mp3 nya ad yg bsa dputer ad yg gag???
    trus juga pdhal di dftar playlist mp3nya dah ad tpi kog g bsa dpter???
    udah gtu gw copy mp3 lwat PC ke memory ekstrnal bsa jln mlus
    tpi pas liat dHp kog yg nongol cmn bbrapa saja itupn pas dpter ad yg bsa ad yg gag bsa???pdhal free memory internal eksternal msih bnyak….
    gmn dunkz bro??mohon pncerahannya….
    djwb y bro pllliiizzz….!!
    Thx b4…

  18. fRaNz
    31 Agustus 2010 pukul 12:23

    bro…
    kasus gw sama kyk puji leztari….
    kog mp3 nya ad yg bsa dputer ad yg gag???
    trus juga pdhal di dftar playlist mp3nya dah ad tpi kog g bsa dpter???
    udah gtu gw copy mp3 lwat PC ke memory ekstrnal bsa jln mlus
    tpi pas liat dHp kog yg nongol cmn bbrapa saja itupn pas dpter ad yg bsa ad yg gag bsa???pdhal mp3x udah stndard 128kbps free memory internal eksternal msih bnyak….
    gmn dunkz bro??mohon pncerahannya….
    djwb y bro pllliiizzz….!!
    Thx b4…

  19. Anndy Djoewari
    2 September 2010 pukul 21:52

    aqwh punya ZTE 261, setelah aqwh pake setaun tiba2 paz bangun tidur muncul tulisan FACTORY TEST MODE.
    karena gug bisa qwh kutak katik jadi qwh bawa ke smart center.
    hp bisa kembali normal.
    tapi ternyata opera mini gug bisa di pake n muncul tulisan TEST MODE.
    qwhx coba downlod opera mini tapi gug bisa. (site tidak di dukung)
    dan muncul tulisan haier 1200.
    apa mungkin bisa software zte 261 di ganti dengan haier 1200.
    tulung dund…..qwhx sudah punya QPST 2.7.323, tapi gug bisa pake….hikz….

  20. bani
    25 September 2010 pukul 08:54

    mas mksih sblumnya panduan menggunakan qpst nya..
    mas saya mo nanya ni, hp saya c700..
    saya bingung kok hp saya itu memori telp nya penuh padahal saya cuma pake buat nyimpen saved page pada opera mini dan itu gak banyak cuma 4 saved page,ukurannya pun gak gede2 amat gak sampe 50 kb lah dan sya liat status mmori telp free cuma 153kb.pdhl prtma beli dulu bisa smpe puluhan saved page gpp.selain itu saya gak pernah nyimpen di mmori telp..kira2 mmori telp saya itu knpa mas,tlong bantuinya dong mas plisss soalnya c700 sya jd lemot bgt ada jeda2 gitu klo browsing ma muter mp3..mo ngapus file2 dstu sya jga tkut knpa2 nantinya..
    kirim jwbnnya ke ini ya mas “cahsolo15@yahoo.com” saya tunggu mas..

  21. tri
    22 Oktober 2010 pukul 10:12

    kalau cara untuk flash, gmn mas?

  22. juan
    17 November 2010 pukul 22:02

    Gan ni sofware bsa gak buat ngflash ..cos c700 q mati total…..
    atw solusiny gmna tu gan….kmren gara2ny khbisan btre trus mlh g bsa dicas jga g kedetek ma pc….thanks alot sblomnya……..

  23. slatem
    29 November 2010 pukul 16:29

    hpku zte c261 gak mau hidup,,,,dihidupin muncul ada tulisan kaya’ kode gitu terus mati lagi gak mau hidup sama sekali,,,please help me

  24. desy
    9 Desember 2010 pukul 22:12

    Mas, boleh tanya kalo data abor n entering download dlm kotak biru yg muncul di layar HP, bgmana cr mengatasinya? Haier c 700 ku ga bs berfungsi lg krn mati stelah mucul kotak biru itu. terus aku lpas baterai, hidup lg pencarian jaringan, tidak ada sinya. gak lama muncul lagi kotak biru dg tulisan data abort.
    Mohon jawaban, jawabannya di email k dc_d2e@yahoo.com
    Terimakasih

  25. paslei_82
    12 Desember 2010 pukul 18:57

    GW punya haier c700,dan selalu browsing internet skligus dondot mnggunakan hape trsebut,kadang sampai 24 jam nonstop kecolok terus di komp,pokoknya nempel terus dech,!! maklum aja! hanya dengan Rp,3000 bisa ngenet ampe sehari semalam,seneng rasanya!tapi td pagi mpe skrang ini(skrang aja GW post comment di warnet) GW ngerasa sedih bgt haier C700 GW muncul “Factory Test Mode” dan GW matiin brharap kembali sperti semula>>tapi yang muncul tetep tulisan”factory test mode” aduhhh,, jadi bingung,padahal tadi mlam stelah paket Rp 3000an GW abis masih normal-normal aja!
    malah garansi servicenya udah abis lagi!!!aduhh…
    maka dari itu GW MO minta tlong ame pakar-pakar teknologi yang ada di blog ini,,,
    T O L O N G I N>>>…>>> D O N K!!!!

  26. tata
    31 Desember 2010 pukul 09:02

    C700 ku MATI TOTAL ne gmn dong..
    apa gara2 q pake lama ya bwt internatan??
    q cba servis dmn2 g bsa gmn dong??
    minta saran bagi yang tau solusinya..
    makasih

  27. adi
    17 Februari 2011 pukul 19:10

    thnx buat informasi yg bermanfaat ini, saya dah coba buat smartfren q9+ dan working, saya dah bisa ngapus installan yg ga ke apus.
    can’t wait for another posting.

  28. Mei Giyanto
    28 Februari 2011 pukul 23:03

    kok filenya setelah di download kok rusak ya?gk bisa di install

  29. 13 Maret 2011 pukul 17:05

    tau g’ cara meng unlock smart c 700?

  30. JANCOK
    24 Maret 2011 pukul 23:05

    TANYA KNP ADA DATA ABORT N GMN NYLESEIN NYA

  31. 4 April 2011 pukul 18:37

    Belum saya coba sih…. tapi ini detail sekali……….thanks

  32. ronald
    7 Mei 2011 pukul 02:28

    mas.. tolong mail in cara unlock smart c700 nya donk.. tolong kirim ke phazenix@gmail.com .. matur nuhun..

  33. sindu
    10 Mei 2011 pukul 18:51

    mas….data abort itu apa sih…???
    kok gk tau di bales klo ada mslah ini….

  34. 19 Mei 2011 pukul 10:58

    Informasinya sangat menarik sekali mas

  35. ibrahim
    23 Juni 2011 pukul 11:46

    mas saya kemarin mengubah settingan di haier c700 saya. dan sekarang berdampak pada indikator batrai hp saya. yg saya tanyakan, adakah software untuk me-restore settingan c700 saya?

  36. train
    26 Juni 2011 pukul 11:34

    saya punya smart zte c261,memori hpnya full padahal tidak data di memorinya,sudah saya format memorinya tetap aja full,pdahal smua data cuma ada di micro sd nya…
    gimana cara ne me-restorenya lgi?

  37. tanty
    21 Juli 2011 pukul 10:49

    askum
    mas masnya tolong minta server brewnya
    ktik jha dilyar haier c700
    *01763*918#
    trus da brew set
    di bwahnya ghi
    da brew server
    mhon bantuanya
    balas ea……..

    • rena
      30 Juli 2011 pukul 10:54

      kpd tanty
      server brewnya oemdemo.qualcomm.com
      coba aja ea

  38. 18 Agustus 2011 pukul 11:09

    haduchhhhhhh…… bsa ktemu ortu g y ?????????

  39. budi
    30 Agustus 2011 pukul 16:59

    maaf mohon bantuannya, saya menggunakan qpst untuk connect dngan hp motorola w355 saya, ada brew tetapi tidak ada lagi folder yang lain di dalam folder brew, bagaimana saya bisa memasukkan lagu. thanks mohon bantuannya?

  40. bambang gitaris
    12 November 2011 pukul 21:06

    booozzzzzz
    kalau unlocknya bgaimana,
    file QNC itu download di situs apa ??????

  41. 24 Maret 2012 pukul 12:48

    klo pas download gagal krn hape kebaca Q/QCP XXX harus diapain y,. terimakasih sebelumnya,.

  42. 12 April 2012 pukul 15:08

    aku udh buka jendela “add new port” tpi kok gak ada “COMxx – USB/QC Diagnostic” ??
    gimana ini ??

  43. naljenal
    19 Juli 2012 pukul 20:39

    gan numpang tanyak.
    hp saya ZTE C261 gak bisa buat connect.
    soalnya sebelumnya saya buat USB dan gak bisa buat connect lagi.
    waktu saya eject gak bisa.
    apa yang harus saya lakukan.? O.o

  44. 20 Januari 2013 pukul 05:38

    gan pasdi ports QPST Configuration kok phone yang ke baca Q/QCP-XXX (download) ya? pas mau di restore gak mau mau dia. tolong bantu pencerahannya gan dan master.

  1. 25 Desember 2010 pukul 01:43
  2. 12 November 2012 pukul 23:24

Tinggalkan komentar

