Beranda > Ide Bisnis > Menggunakan Ide Orang Lain untuk Bisnis Pribadi

Menggunakan Ide Orang Lain untuk Bisnis Pribadi

Salah satu cara membuat konsep bisnis yang sukses adalah dengan mencuri ide dari tempat lain. Jangan khawatir, sesungguhnya Anda tidak mencuri apapun. Dalam bisnis, mengambil ide orang lain biasanya disebut “best practice sharing” atau “benchmarking”. Para pebisnis selalu melakukannya, meniru yang terbaik dari yang dilakukan oleh orang lain, namun berusaha untuk melakukannya dengan lebih baik lagi.

Salah satu cara mencuri tanpa disadari oleh orang lain adalah dengan melihat ke luar negeri untuk mencari inspirasi. Temukan ide yang berhasil di negara lain, dan pindahkan ide tersebut ke dalam negeri. Para wirausahawan membentuk jaringan Coffee Republic di Inggris setelah melihat kedai kopi kelas atas di New York City. Dan perusahaan e-commerce Cina Alibaba mengambil ide dari eBay Amerika dalam membangun situs lelang mereka sendiri, Taobao.

Atau, dengan logika terbalik, mungkinkah ada peluang mengekspor produk atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri?

Beberapa wirausahawan bisa langsung menjalankan ide yang tidak bisa atau tidak akan direspons oleh perusahaan besar. Perusahaan besar biasanya menganggap beberapa ide terlalu berisiko atau mengandung banyak ketidakpastian. Atau perusahaan besar mungkin melihat bahwa pasar yang ada tidak cukup besar untuk dimasuki. Sesuatu yang terlalu kecil bagi perusahaan besar mungkin masih cukup besar untuk Anda. Lihatlah ide-ide yang ditolak oleh perusahaan besar atau gagal dilakukan oleh perusahaan besar di bidang yang Anda geluti. Mungkin Anda bisa menjalankan ide tersebut dalam skala tertentu.

Tidak masalah jika Anda tidak mengetahui apapun mengenai makanan bayi atau rancangan busana muslim. Anda selalu bisa belajar atau menemukan seseorang yang mengetahui hal tersebut. Selama Anda memunculkan sebuah konsep yang membuat Anda bersemangat, itu sudah cukup untuk saat ini.

Sumber: Kompas

  1. 30 April 2011 pukul 15:21

    wah boleh nih bwt tmbh wawasan … makasih bos.

  2. 21 Mei 2011 pukul 11:56

    punya banyak ide, tapi gak sempet ngejalanin gimana?
    hehe

  3. 11 Juni 2011 pukul 21:08

    Halo ping,,, apa kabar nih?? gak ada kabar nih??
    Ide yang bagus nih ping… \m/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s