Beranda > Komputer > Download Aplikasi di Ovi Store via PC

Download Aplikasi di Ovi Store via PC

18 Mei 2011

Download Aplikasi Ovi Store via PCBeberapa waktu lalu saya membeli sebuah HP Nokia 5310 Express Music bekas di sebuah pasar rakyat Jogja. Begitu perangkat di tangan, dimulailah perburuan aplikasi (software) untuk nokia tipe ini. Sayang Nokia 5310 XM ini tidak mendukung OS Symbian.

Berburu file di GetJar rasanya cukup bosan juga, terpikir juga untuk mencari aplikasi menarik di situs resmi nokia Ovi Store. Setelah melalui proses pendaftaran yang sangat panjang, sekarang waktunya DOWNLOAD !!! Lho,,?!? Ternyata baru sadar kalau aplikasi dari Ovi Store ini tidak bisa diunduh dari komputer/PC tetapi harus langsung dari HP! Waduh, pulsa lagi bokek apalagi koneksi GPRS yang mirip siput membuat hati enggan untuk download langsung dari HP.

Akhirnya setelah beberapa ratus jam bertapa mengutak-atik halaman web dengan Google Chrome, saya berhasil mengunduh/mendownload aplikasi Java dari Ovi Store melalui komputer. Yuk, simak caranya bersama siapa tahu kamu membutuhkannya🙂

Mula-mula siapkan koneksi internet, sebuah komputer, browser Google Chrome, dan Notepad++. Pastikan di komputer kamu sudah terinstall Google Chrome atau browser lainnya dan Notepad++. Kamu juga harus sudah terdaftar di Ovi Store dan login ke dalamnya.

Bukalah salah satu aplikasi yang ingin di-download. Misalnya Boombakas Pro di atas. Perhatikan bahwa tidak ada link “Download” di halaman ini sehingga orang biasa mustahil mengunduh aplikasi dari komputer/laptop. Tapi…

Langsung saja klik kanan tombol “Send to friend” atau “Kirim ke teman” (tergantung bahasa yang dipakai) dan pilih “Copy link address“.

Buka Tab baru dan paste link di sana. ganti teks “send-to-friend” yang ada di akhir link dengan teks “download” (tanpa tanda kutip).

Kemudian tekan tombol Enter di keyboard dan sekarang browser akan mengunduh file dengan ekstensi *.jad.

File tersebut bukanlah aplikasi sebenarnya. Kita masih harus mencari file *.jar yang merupakan aplikasi sebenarnya. Buka file *.jad yang sudah didownload tadi dengan cara klik kanan file dan pilih menu “Edit with Notepad++“.

Sekarang carilah tulisan “MIDlet-Jar-URL” dan copy link setelah tulisan tersebut.

Langsung saja buka jendela browser Chrome, klik kanan pada Address Bar dan pilih menu “Paste and go“. Pilih tombol “Save” saat dikonfirmasi.

Selamat! File Jar sekarang sudah berhasil di-download dan siap dipindahkan ke HP kamu. Tutorial ini hanya untuk aplikasi Java dan belum dicoba untuk aplikasi bersistem operasi lainnya seperti Symbian de el el.

UPDATE: Cara di atas sudah tidak berlaku lagi.
  1. 18 Mei 2011 pukul 22:45

    Infonya menarik sekali boz.

  2. umyun
    5 Juni 2011 pukul 05:31

    untuk aplikasi yang berbasis symbian juga bisa ko🙂
    bahkan tidak memerlukan notepad++ , tinggal copy link “send to friend” dan mengganti akhiran link dengan download, aplikasi langsung terdownload🙂
    (source : pengalaman)

  3. 9 Juni 2011 pukul 19:51

    Thanx banget buat tipsnya.Seharian nyari cara buat download di ovi lewat pc

  4. maurice
    6 Agustus 2011 pukul 17:00

    thanks boz w yg pke symbian udah bisa

  5. 22 September 2011 pukul 12:46

    terima kasih untuk ilmu dan infonya,,,…

  6. apa aja
    7 Januari 2012 pukul 08:17

    udah ga bisa pake cara gituan gan

  7. 10 Maret 2012 pukul 15:01

    iya…udh gak bs lg pakai cara yg ini…udh gak ada link send to friend…:(

  8. 5 Juli 2012 pukul 23:18

    terimakasih infonya boz

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.